Cara Membuat Otak Otak Ikan Panggang Nikmat Lezat

Aneka resep terbaru, enak dan Lezat.

Resep Otak Otak Ikan Panggang mudah, nikmat, praktis. Otak otak ikan merupakan makanan khas pulau bangka, olahan daging ikan yang dibungkus daun pisang ini pasti bikin ketagihan, sekarang anda tak perlu jauh. Otak-otak dibuat dari ikan yang diambil dagingnya, kemudian dihaluskan dan dibumbui. Selanjutnya, daging ikan tersebut dimasukkan lagi ke dalam kulit ikan yang kemudian direbus atau dipanggang dalam balutan daun pisang.

Otak Otak Ikan Panggang Panaskan pemanggang, taruh otak-otak di atasnya, panggang otak-otak di atas api kecil sambil dibalik-balik hingga matang dan daunnya agak. Brilio.net - Otak-otak adalah kuliner yang terbuat dari daging ikan tenggiri cincang yang dibungkus dengan daun pisang, dipanggang, dan disajikan dengan kuah asam pedas. Rasanya yang khas dengan aroma ikan membuat panganan ini banyak digemari oleh berbagai lapisan masyarakat. Malam Bunda, sekarang bunda dapat membuat resep Otak Otak Ikan Panggang dengan 13 bahan dan 5 tahapan. Berikut ini bun cara membuatnya, tolong simak ya bun.

ads/responsive.txt

Bahan bahan Otak Otak Ikan Panggang

  1. Persiapkan 400 gr : ikan tenggiri fillet.
  2. Persiapkan 300 gr : tepung sagu tani.
  3. Persiapkan 1 butir : telur.
  4. Siapkan 300 ml : santan.
  5. Persiapkan 5 lbr : daun bawang, iris halus.
  6. Menyiapkan 4 butir : bawang merah, haluskan.
  7. Siapkan 3 siung : bawang putih, haluskan.
  8. Persiapkan 1/2 sdt : merica bubuk.
  9. Menyiapkan 1/2 sdt : ketumbar bubuk.
  10. Dibutuhkan 1 sdt : garam.
  11. Siapkan 1 sdm : gula pasir.
  12. Dibutuhkan 1 bks : kaldu bubuk (opsional).
  13. Siapkan Secukupnya : daun pisang.

Resep Otak Otak Ikan Tenggiri Panggang atau bakar Sederhana Spesial Asli Enak Banget. Otak-otak adalah makanan pepes ikan dari bangka, Indonesia, Malaysia, dan Singapura kemudian menyebar ke daerah-daerah lain, biasanya terbuat dari ikan tengiri dengan cara dibungkus daun. Otak-otak ikan pipih dari Banjarmasin terbuat dari campuran ikan pipih, kelapa parut, santan, dan telur ayam. Bumbu yang digunakan untuk menambah aroma dari itik sebelum dipanggang biasanya menggunakan campuran gula merah, gula pasir, dan air yang kemudian disiramkan ke daging itik.

ads/link.txt

Step by Step memasak Otak Otak Ikan Panggang


ads/responsive.txt
  1. Campur fillet ikan tenggiri, santan, telur, bawang merah dan bawang putih yg sudah dihaluskan, merica, ketumbar, gula pasir, garam, kaldu bubuk. Lalu blender hingga halus. Sy gak punya food prosessor jd sy proses diblender aja..
  2. Tuang ke dalam baskom. Masukkan daun bawang. Aduk rata. Masukkan tepung sedikit demi sedikit. Lalu aduk secukupnya aja jangan terlalu lama agar otak otak tidak alot.
  3. Siapkan satu lembar daun pisang lalu tuang 1 sdm adonan otak otak. Ratakan dgn bentuk memanjang. Lipat dan semat ujungnya dengan lidi/tusuk gigi. Sy pake staples aja biar cepet😁.
  4. Panaskan wajan datar oles dgn sedikit minyak goreng lalu panggang otak otak hingga matang. Cirinya apabila ditekan agak keras dan daun pisang menjadi agak gosong..
  5. 📌tips menghaluskan daging ikan dgn blender: -potong2 kecil daging ikan, -proses pada speed rendah, bila blender macet matikan sebentar lalu proses lg hingga tingkat kehalusan yg diinginkan..

Otak-otak is a grilled fish cake made of ground fish meat mixed with tapioca starch and spices. It is widely known across Southeast Asia, especially in Indonesia, Malaysia and Singapore, where it is traditionally served fresh, wrapped inside a banana leaf. Otak-otak ikan juga ada di Palembang. Namun, berbeda dengan otak-otak makassar, otak-otak kalimantan, otak-otak yang di jakarta. Selanjutnya adonan dibungkus daun pisang, dan dipanggang.


ads/link.txt