Gampangnya Menyajikan OTAK-OTAK IKAN & BUMBU KACANG Enak Sempurna

Aneka resep terbaru, enak dan Lezat.

Resep OTAK-OTAK IKAN & BUMBU KACANG mudah, enak, praktis. Fold up both the ends and staple the middle portion to secure. Make as many bundles of otak-otak as possible. Otak Otak Ikan Tenggiri / Otak Otak Sosis.

OTAK-OTAK IKAN & BUMBU KACANG Ikan tenggiri bukanlah ikan favorit di keluarga saya. Bukan karena rasanya, tapi lebih ke teksturnya yang agak kering. Resep Otak Otak dan cara membuatnya. Apa kabar Bunda, saat ini bunda dapat membuat resep OTAK-OTAK IKAN & BUMBU KACANG dengan 32 bahan dan 9 tahapan. Berikut ini bun cara membuatnya, tolong simak baik-baik.

ads/responsive.txt

Bahan bahan OTAK-OTAK IKAN & BUMBU KACANG

  1. Siapkan : Bahan A.
  2. Persiapkan 300 gr : daging ikan selungsung/tengiri/barakuda.
  3. Persiapkan 200 gr : dada ayam fillet.
  4. Menyiapkan 5 pcs : bawang merah.
  5. Persiapkan 2 pcs : bawang putih.
  6. Persiapkan 2 bh : putih telur.
  7. Dibutuhkan 250 ml : santan kara.
  8. Menyiapkan 50 ml : kecap ikan.
  9. Persiapkan : Bahan B.
  10. Menyiapkan 200 gr : tepung kanji/sagu.
  11. Menyiapkan 2 sdm : daun bawang kecil iris tipis.
  12. Siapkan 1,5 sdt : garam.
  13. Persiapkan 1 sdt : vetsin.
  14. Siapkan : Bungkusan.
  15. Dibutuhkan : Daun pisang.
  16. Persiapkan : Staples.
  17. Dibutuhkan : Bumbu Kacang.
  18. Siapkan 1/4 kg : kacang tanah goreng.
  19. Dibutuhkan 2 pcs : kemiri goreng.
  20. Siapkan 6 pcs : cabe merah goreng.
  21. Siapkan 5 pcs : cabe rawit merah goreng.
  22. Dibutuhkan 3 pcs : bawang putih utuh goreng.
  23. Persiapkan 5 pcs : bawang merah utuh goreng.
  24. Menyiapkan 30 gr : bawang goreng (kemasan).
  25. Persiapkan 3 sdm : tepung roti.
  26. Dibutuhkan 4 gelas : air.
  27. Dibutuhkan 4 sdm : kecap manis (manalagi).
  28. Persiapkan 2 sdm : saus tomat (del monte).
  29. Siapkan 6 pcs : daun jeruk purut.
  30. Dibutuhkan 2 sdt : garam.
  31. Persiapkan 1 sdt : vetsin.
  32. Persiapkan 2 sdt : gula pasir.

Kalau dilihat dari namanya sih, makanan asli Indonesia ini Karena pada dasarnya bahan utama ikan yang digunakan dalam resep kali ini bisa teman teman. Satu panganan lezat yang sulit ditolak, itu adalah resep otak-otak ikan tenggiri kukus yang akan kubagi berikut ini. Otak-otak is a grilled fish cake made of ground fish meat mixed with tapioca starch and spices. It is widely known across Southeast Asia, especially in Indonesia, Malaysia and Singapore, where it is traditionally served fresh, wrapped inside a banana leaf.

ads/link.txt

Proses memasak OTAK-OTAK IKAN & BUMBU KACANG


ads/responsive.txt
  1. Gunakan blender wadah kecil. Blender bawang merah dan putih dg putih telur smp halus, tuang dalam baskom. Blender sisa bahan A masukan sedikit demi sedikit daging ikan dan ayam sebanyak dan sedikit santan, blender pulse(kejut) beberapa kali, kemudian gunakan kecepatan no.2 sampai halus dan padat. Lakukan sampai daging ikan dan ayam habis. Kecap ikan jg bisa dimasukan untuk membantu proses memblender daging..
  2. Aduk semua bahan A yg sudah halus, blender sekali lagi. Untuk memastikan adonan halus dan menyatu..
  3. Aduk lagi adonan A dalam baskom selama 5-10 menit hingga menyatu dan padat. Proses ini diperlukan supaya hasil jadi otak2 kenyal dan halus, tidak berpasir..
  4. Masukan bahan B, tepung kanji setengah bagian aduk rata, masukan sisanya aduk rata. Masukan garam dan vetsin aduk rata, terakhir masukan daun bawang aduk rata..
  5. Tes rasa dengan memanggang 1 sendok adonan diatas teflon tanpa minyak. Jika sudah pas rasanya adonan siap di bungkus..
  6. Siap kan daun pisang selebar 1,5 telunjuk tangan. Lap daun dg tisu. Letakan 1 sdm adonan, kemudian gulung dan potong ujung daun kanan dan kiri kemudian staples. Tekan gulungan dengan tangan diatas talenan/meja supaya rata dan pipih. Lakukan hingga adonan habis..
  7. Panaskan air dlm dandang smp mendidih. Kukus adonan otak-otak yg sudah dibungkus daun, selama 15-20 menit dg api sedang..
  8. Sebelum dipanggang Dinginkan/ diangin-angin Otak-otak smp dingin atau bisa simpan dalam kulkas. Panggang otak-otak diatas teflon dg api sedang smp daun gosong. Supaya otak-otak ada aroma bakar. Selesai sajikan..
  9. BUMBU KACANG. Blender semua bahan (kecuali daun jeruk) sampai halus. Masak dg api kecil sambil diaduk sesekali. Koreksi rasa. Masak terus sampai minyak keluar, kurang lebih 15 menit. Angkat siap disajikan..

Otak-otak ikan berwarna abu-abu putih dengan bintik-bintik hijau daun bawang ini banyak dijual di supermarket tersebut baik versi matang ataupun mentahnya. Nah bunda bagaimana cara membuat Membuat Otak Otak Ikan Bakar Sederhana Lezat dengan mudah dan dapat Bagaimana bunda mudah bukan cara membuat otak otak ikan paling enak ini? Otak-otak merupakan makanan olahan ikan yang terbuat dari ikan tenggiri yang masih segar. Banyak cara yang dapat dilakukan oleh pelaku bisnis untuk menjajakan otak-otak buatannya. Otak-otak ikan tenggiri memiliki cita rasa yang sangat nikmat dan bisa dijadikan lauk ataupun dimakan secara langsung dengan menggunakan cocolan saus sambal.


ads/link.txt