Gampangnya Membuat Sate Lilit Ikan Tenggiri Praktis Enak

Aneka resep terbaru, enak dan Lezat.

Resep Sate Lilit Ikan Tenggiri mudah, enak, praktis. Nah, disini kami menggunakan ikan tenggiri untuk membuat sate lilit khas Pulau Dewata ini, bunda bisa memilih ikan apa saja sesuai selera dan nggak harus pake ikan tenggiri. Berikut adalah resep dan cara membuat sate lilit ikan tenggiri yang enak dan mudah. Sate lilit adalah variasi sate yang berasal dari Bali, bahan dasar sate lilit ini ada berbagai macam (bisa sapi, ayam atau ikan).

Sate Lilit Ikan Tenggiri Bahan dan Bumbu Sate Lilit Ikan. Terakhir membuat sambal matah untuk pelengkap sajian sate lilit ikan dengan mencampurkan semua bahan sambal matah yang sudah disiapkan. Resep Sate Lilit Ikan Tuna Khas Bali Sederhana Spesial Pedas Mantap Asli Enak. Malam Bunda, saat ini bunda bisa memasak resep Sate Lilit Ikan Tenggiri dengan 21 bahan dan 7 tahapan. Berikut ini bun cara menyiapkannya, tolong teliti ya bun.

ads/responsive.txt

Bahan bahan Sate Lilit Ikan Tenggiri

  1. Persiapkan 500 gr : fillet ikan tenggiri (boleh jenis ikan yg lain).
  2. Siapkan 100 gr : kelapa 1/2tua, diparut.
  3. Persiapkan 15 bh : sereh, geprek ujungnya.
  4. Dibutuhkan 5 lembar : daun jeruk, iris halus.
  5. Persiapkan 2 bh : cabe merah keriting, cincang halus.
  6. Menyiapkan Secukupnya : garam dan kaldu bubuk.
  7. Dibutuhkan : Bumbu halus.
  8. Dibutuhkan 3 bh : cabe merah besar, buang bijinya.
  9. Menyiapkan 5 bh : bawang merah.
  10. Siapkan 3 siung : bawang putih.
  11. Persiapkan 2 ruas : jahe.
  12. Persiapkan 2 ruas : kunyit (mimi pakai 1/2 sdt kunyit bubuk).
  13. Menyiapkan 1 blok : terasi sachet.
  14. Persiapkan 1 sdt : ketumbar.
  15. Persiapkan 2 sdm : minyak goreng.
  16. Siapkan : Bumbu lain.
  17. Persiapkan 2 sdt : air asam kental.
  18. Persiapkan 1 sdm : gula merah sisir.
  19. Persiapkan 2 lembar : salam.
  20. Dibutuhkan 1 batang : sereh.
  21. Siapkan 3 lembar : daun jeruk.

Sate lilit gurih yang ada di Bali dan berasal dari daerah kota Denpasar kebanyakan menggunakan ikan tuna karena harganya lebih murah dibanding ikan lainnya, seperti ikan tenggiri. Sate Lilit adalah menu sate khas Bali. Sate ini biasa digunakan untuk acara adat yang sakral, sate lilit berbeda dengan sate pada umumnya, sate ini tidak ditusuk melainkan dagingnya dililit Campur ikan tenggiri & ayam giling, tambahkan tepung kanji, tepung terigu, kuning telur,tumisan bumbu dan serai. Daging fillet yang biasa digunakan berasal dari ikan tuna.

ads/link.txt

Step by Step memasak Sate Lilit Ikan Tenggiri


ads/responsive.txt
  1. Giling ikan sampai halus, iris2 bumbu dan haluskan bumbu halus. Geprek ujung sereh agar aroma pas dipanggang nanti keluar..
  2. Tuang bumbu halus di wajan dan tambahkan bumbu2 lain, tumis dengan api kecil sampai harum dan matang. Masukkan air asam..
  3. Pisahkan salam, sereh dan daun jeruk dari bumbu tumis. Campur dengan bahan2 sate lilit yg lain, kecuali sereh geprek. Aduk rata dan koreksi rasa dengan test goreng/panggang sedikit adonan..
  4. Ambil 1 sdm adonan dan lilitkan ke batang sereh sampai menutupi bagian yg berwarna hijau muda/yg di geprek tadi..
  5. Panggang di wajan dadar/pangrill yg udah dipanaskan. Gunakan api kecil agar matang sampai kedalam. Sesekali dibolak balik..
  6. Setelah matang, sajikan dengan sambal matah..
  7. Sambal matah : iris cabe rawit merah, bawang, sereh dan daun jeruk. Masukkan ke mangkuk, dan siram dengan minyak panas dan kucuri jeruk nipis. Beri gula dan garam aduk rata..

Namun anda bisa menggantinya dengan ikan berdaging putih lainnya seperti tenggiri, gurame atau fillet ikan dori yang saat ini mudah sekali didapatkan. Campur ikan tenggiri dan ayam giling, tambahkan tepung kanji, tepung terigu, kuning telur, dan terakhir masukkan tumisan bumbu. Bentuk sate dan lilitkan ke batang serai. Panggang dengan api kecil sampai seluruh bagian sate matang sempurna. Sate lilit khas Bali terbuat dari ikan laut.


ads/link.txt