Resep mudah Otak-Otak Tenggiri Nikmat Lezat

Aneka resep terbaru, enak dan Lezat.

Resep Otak-Otak Tenggiri mudah, gurih, praktis. Otak otak ikan merupakan makanan khas pulau bangka, olahan daging ikan yang dibungkus daun pisang ini pasti bikin ketagihan, sekarang anda tak perlu jauh. Otak-otak Goreng Ikan Tenggiri Kudapan ini, cocok banget nih dimakan untuk cemilan sambil nonton drakor. Otak-otak Ikan Tenggiri sebagai penganan khas Palembang ini sangat populer dan digemari.

Otak-Otak Tenggiri Ikan tenggiri bukanlah ikan favorit di keluarga saya. Bukan karena rasanya, tapi lebih ke teksturnya yang agak kering. Satu panganan lezat yang sulit ditolak, itu adalah resep otak-otak ikan tenggiri kukus yang akan kubagi berikut ini. Pagi Bunda, saat ini bunda bisa menyiapkan resep Otak-Otak Tenggiri dengan 19 bahan dan 8 tahapan. Di bawah ini bun cara memasaknya, tolong perhatikan ya bun.

ads/responsive.txt

Bahan bahan Otak-Otak Tenggiri

  1. Persiapkan 200 gram : Ikan Tenggiri Filet (Bekukan dulu).
  2. Persiapkan : Bahan Campuran.
  3. Menyiapkan 50 gram : tepung tapioka.
  4. Menyiapkan 1 butir : putih telur.
  5. Dibutuhkan 2 Siung : bawang merah.
  6. Persiapkan 1 Siung : bawang putih.
  7. Siapkan 1/2 Bks : Santan Kara.
  8. Menyiapkan 1 Sdt : garam.
  9. Dibutuhkan 1 Sdt : gula pasir.
  10. Persiapkan 1 Bks : Kaldu jamur.
  11. Siapkan 1 helai : daun bawang (rajang).
  12. Menyiapkan : Pembungkus.
  13. Menyiapkan 1 ikat : daun pisang.
  14. Persiapkan Tusuk : gigi atau staples.
  15. Persiapkan : Bahan Sambal.
  16. Siapkan 10 Biji : Cabe rawit.
  17. Siapkan Sejumput : Garam.
  18. Dibutuhkan 1/2 Sdt : maizena.
  19. Dibutuhkan 50 ml : air putih.

Seperti yang kita ketahui cemilan ini sangat lezat apa lagi. Menu otak otak ikan tenggiri selain nikmat juga memiliki banyak kandungan gizi karena bahan yang digunakan ialah ikan tenggiri yang memang terkenal dengan kalsium, zat besi, lemak. Otak-otak is a grilled fish cake made of ground fish meat mixed with tapioca starch and spices. It is widely known across Southeast Asia, especially in Indonesia, Malaysia and Singapore, where it is traditionally served fresh, wrapped inside a banana leaf.

ads/link.txt

Tahapan memasak Otak-Otak Tenggiri


ads/responsive.txt
  1. Siapkan semua bahan..
  2. Campur ikan,dan bahan campuran kedalam food processor kecuali daun bawang, kemudian blender sampai halus dan tercampur semua..
  3. Ambil sedikit adonan panggang di teflon untuk tes rasa, (takutnya kurang asin,dll) jika di rasa pas lakukan tahap selanjutnya.
  4. Dalam wadah lain masukkan daun bawang yang sudah di rajang, kemudian masukkan adonan otak otak kedalamnya, campur rata..
  5. Setelah tercampur siapkan daun pisang, sobek sobek sesuai ukuran untuk membungkus otak otak. Kemudian letakkan adonan otak otak 1 sdm diatas daun pisang dan bungkus otak otak (dengan cara menggulung dan kemudian menutup dengan tusuk gigi atau staples.
  6. Setelah itu rapikan pucuk bungkusan daun pisang dengan mengguntingnya, kemudian tata di atas pengukusan. Jika sudah terbungkus semua maka kukus otak otak selama ±15 menit.
  7. Setelah otak otak matang biarkan sedikit dingin dan letakkan diatas teflon untuk di panggang sebentar sampai daun kecoklatan. (sambil di bolak balik).
  8. Blender cabe rawit dengan air kemudian saring (agar bersih dari biji). Kemudian tambahkan maizena dan garam aduk rata masak diatas teflon sampai sedikit mengental matikan api, dan Otak otak siap disajikan dengan colekan saus sambal alami..

Oleh Desi Hartanto defidi.wordpress.com OTAK-OTAK TENGGIRI-SAYURAN. Resep Otak Otak Ikan Tenggiri Panggang atau bakar Sederhana Spesial Asli Enak Banget. Otak-otak adalah makanan pepes ikan dari bangka, Indonesia, Malaysia, dan Singapura kemudian. Otak-otak adalah salah satu makanan yang bisa dengan mudah dijumpai di pasar tradisional ataupun swalayan di Indonesia. Dan ikan yang paling terkenal untuk dijadikan otak-otak adalah ikan tenggiri.


ads/link.txt