Cara Menyajikan Nasi Bakar Ikan Paling Enak

Aneka resep terbaru, enak dan Lezat.

Resep Nasi Bakar Ikan mudah, gurih, praktis. Kulit ikan tongkol agak keras, jadi kita ambil dagingnya saja. Suwir-suwir daging ikan tongkol jangan terlalu halus agar makin mantap rasanya. Nasi Bakar Ikan Teri adalah resep yang akan kami ajarkan kepada anda pada artikel ini, tapi sebelumnya juga sudah pernah kita berikan resep nasi bakar ikan dan nasi bakar jamur.

Nasi Bakar Ikan Nasi bakar ikan tuna ini dapat disajikan dengan tambahan bahan pelengkap lainnnya seperti sambal, lalapan dan tidak lupa lauk pauk pendukung seperti tahu dan tempe. Nasi bakar memang enak bila disandingkan dengan apa saja. Salah satunya adalah tumis tuna pedas. Pagi Bunda, saat ini bunda bisa membuat resep Nasi Bakar Ikan dengan 17 bahan dan 11 tahapan. Berikut ini bun cara memasaknya, tolong perhatikan baik-baik.

ads/responsive.txt

Bahan bahan Nasi Bakar Ikan

  1. Siapkan 1 piring : nasi munjung.
  2. Persiapkan 2 lembar : daun salam.
  3. Siapkan 2 sdm : santan instan.
  4. Persiapkan 100 ml : air.
  5. Dibutuhkan 1/2 sdt : garam.
  6. Dibutuhkan Secukupnya : daun pisang.
  7. Menyiapkan : Bahan Isi.
  8. Siapkan 150 gr : fillet ikan.
  9. Menyiapkan 4 siung : bawang merah.
  10. Dibutuhkan 3 siung : bawang putih.
  11. Menyiapkan 2 buah : cabe merah.
  12. Menyiapkan 1 batang : daun bawang.
  13. Dibutuhkan 1 lembar : daun salam.
  14. Persiapkan 1 batang : sereh.
  15. Siapkan 1 sdt : garam.
  16. Menyiapkan 1/2 sdt : kaldu bubuk.
  17. Menyiapkan 1 sdm : minyak untuk menumis.

Aroma harum daun pisang berpadu rasa tuna yang pedas-gurih bikin ingin nambah. Demikian resep ikan bakar kecap sederhana. Ikan bakar ini juga cocok disiapkan untuk sahur, kok. Sajikan dengan pelengkap sesuai selera Anda atau langsung santap dengan nasi hangat saja.

ads/link.txt

Step by Step memasak Nasi Bakar Ikan


ads/responsive.txt
  1. Cuci bersih ikan, rebus hingga setengah matang, suwir-suwir (sy suwir-suwir ikannya agak besar-besar). Oh iya, utk fillet ikan silahkan disesuaikan saja dengan selera ya bunda, bisa ikan tuna atau ikan tenggiri atau ikan tongkol. Saya sendiri pakai fillet ikan mahi-mahi..
  2. Bawang merah dan bawang putih dikupas, cuci bersih, diiris tipis atau dicincang sesuai selera. Cuci bersih cabe merah, iris serong. Sereh ambil putihnya, cuci bersih, ikat, geprek. Daun salam cuci bersih. Daun bawang kupas, cuci bersih, iris agak besar-besar..
  3. Panaskan minyak dengan api sedang, masukkan bawang merah, bawang putih, cabe merah daun salam dan sereh. Tumis hingga harum, masukkan ikan, aduk-aduk hingga rata..
  4. Tambahkan garam dan kaldu bubuk, aduk-aduk hingga rata, masak kembali hingga matang (kurleb 5 menit). Tambahkan daun bawang, aduk-aduk hingga rata. Angkat dan dinginkan..
  5. Rebus air dengan daun salam, tambahkan santan dan garam. Aduk-aduk hingga rata. Masak hingga santan mendidih..
  6. Tambahkan santan ke dalam nasi. Aduk-aduk hingga nasi tercampur merata dengan santan. Diamkan selama kurleb 5 menit, agar santan meresap..
  7. Daun kemangi disiangi, pilih daun yang muda, cuci bersih..
  8. Bagi daun pisang jadi 4 lembar dengan ukuran panjang kurleb 25 cm. Daun pisang dilap bersih, dipanaskan diatas kompor hingga layu. Tujuannya memanaskan daun pisang selain supaya daun jadi steril, juga lebih lemas sehingga memudahkan ketika membungkus nasi..
  9. Taruh 2 - 3 sdm nasi diatas daun, diatasnya di tambahkan ikan tumis dan ditutup dengan daun kemangi..
  10. Gulung daun pisang hingga menyerupai lontong. Kali ini nasi bakarnya dibungkus tanpa bantuan lidi (bentuknya seperti nasi timbel). Kukus nasi sampai daun pisang layu dan berubah warna, kurleb sekitar 15 menit. Angkat..
  11. Panggang sebentar nasi di atas pan, sampai daun berubah warna kurleb sekitar 3-5 menit. Angkat dan sajikan..

Bakar nasi bungkus daun itu dengan api yang kecil saja. Biar bumbu di dalamnya matang secara Disusul dengan ikan tongkol yang dagingnya disuir-suir terlebih dahulu. Ikan peda bukan hanya enak saat digoreng atau dibakar saja lho, dijadikan isian nasi bakar juga tak kalah enak. Resep Nasi Bakar - Nasi bakar merupakan makanan sederhana yang mampu menarik perhatian untuk dicicipi, selain kesan Biasanya nasi bakar ini diisi dengan suwiran daging, ikan, ataupun teri. Tersedia ikan bakar rica kakap merah, kakap putih, hingga ikan bakar rica baronang.


ads/link.txt