Mudahnya Membuat Otak-otak bakar Gurih Mantul

Aneka resep terbaru, enak dan Lezat.

Memasak Otak-otak bakar mudah, enak, praktis. Setiap beli otak-otak bakar selalu aja ngerasa kurang, karena ukurannya kecil dan mahal, coba-coba resep alhamdulillah jadi otak-otak bakarnya Dewi's Cooking. Ramadhan kali ini berbeda dari taun sebelumnya. Kalo taun sebelumnya tiap sore pasti lanjalan nyari takjilan, taun ini terpaksa di #rumahaja.

Otak-otak bakar It can be eaten solely as a snack or with steamed rice as. Biasanya otak-otak cenderung pake ikan tenggiri. Tapi saya tidak terlalu suka rasa tenggiri, jadi otak-otak ini pake ikan kakap putih. Sore Bunda, sekarang bunda bisa membuat resep Otak-otak bakar dengan 14 bahan dan 7 tahapan. Berikut ini bun cara memasaknya, tolong amati ya bun.

ads/responsive.txt

Bahan bahan Otak-otak bakar

  1. Persiapkan 1 kg : ikan kakap (fillet kemudian giling halus).
  2. Siapkan 5 sdm : Tepung tapioka(dikira2 yaa).
  3. Dibutuhkan 3 sdm : Tepung maizena.
  4. Persiapkan 2 : putih telur.
  5. Menyiapkan 250 ml : Santan (bisa pake kara/parutan kelapa(saya pake kara).
  6. Siapkan 2 : daun bawang, 2 seledri (potong agak kecil* yaa).
  7. Persiapkan : Daun pisang untuk membungkus.
  8. Dibutuhkan : Bumbu:.
  9. Menyiapkan 1/2 shaset : Penyedap rasa masako (saya pakai yg sapi).
  10. Menyiapkan 1 1/2 sdm : garam.
  11. Siapkan 2 sdt : Gula pasir.
  12. Menyiapkan 1/4 : lada bubuk.
  13. Persiapkan : Note:.
  14. Persiapkan : Bumbu kacang kalian bisa pakai bumbe pecel.

Lihat juga resep Otak otak rebus enak lainnya! Learn how to make the Nonya Otak Otak! Cooked over a wok, this mouth watering dish brings the fragrant taste and smell of otak otak straight from the home. This recipe is shared by our talented.

ads/link.txt

Step by Step memasak Otak-otak bakar


ads/responsive.txt
  1. Siapkan ikan yg telah di haluskan pada mangkok/baskom. Beri bumbu (penyedap rasa, garam, gula, lada bubuk). Aduk hingga tercampur rata yaa. Beri putih telur aduk rata. Kemudian beri tepung kanji dan maizena..
  2. Siapkan panci kecil untuk merebus santan. Gunakan api kecil sesekali diaduk 1 arah yaa agar tdk pecah. Setelah siap masukkan pada adonan ikan sedikit demi sedikit. Aduk merata. (tekstur adonan nanti kental ya seperti adonan bakso).
  3. Kemudian beri adonan dengan potongan daun bawang dan seledri. Aduk rata. Siapkan kukusan. Gunakan api kecil saja selagi memasukkan adonan pada daun pisang..
  4. Siapkan daun pisang, ambil adonan 1/2 sendok makan. Gulung rapat. Jika adonanya berbentuk lontong ratakan hingga pipih. Ujung bisa di semat lidi/sreples..
  5. Setelah kukusan siap, masukkan pada kukusan. Kukus selama 15 menit dengan api sedang. Lakukan hingga habis..
  6. Setelah otak-otak kukus matang. Siapkan panggangan untuk memanggang. Gunakan api kecil saja.bakar hingga daun gosong. (bukan gosong keseluruhan yaa, hanya gosong yg jarang*, lebih enak lagi klo gosongnya sampe kept permukaan adonan otak*nya😊).
  7. Otak-otak bakar siap disajikan dengan bumbu kacang😌.

Otak otak ikan tenggiri sebenarnya merupakan makanan yang berbahan daging ikan tenggiri yang telah dihaluskan dan telah diberi bumbu-bumbu yang kemudian di goreng, di kukus dan bisa juga di bakar / di panggang dalam balutan daun pisang. Resep Otak Otak Bakar: Makanan otak otak ini populer di kawasan sekitar Selat Malaka dan Selat Karimata, seperti Kepulauan Riau, Singapura, dan Malaysia, namun tersebar luas pula di berbagai kota di Sumatera dan Jawa. Di Malaysia, Muar terkenal dengan otak-otaknya. Di Indonesia sendiri otak-otak banyak dijumpai di Tanjungpinang. Masih penasaran membuat otak-otak bakar ini hihihi.


ads/link.txt