Resep mudah Ketupat kantong plastic Nikmat Lezat

Aneka resep terbaru, enak dan Lezat.

Memasak Ketupat kantong plastic mudah, enak, praktis. Pakai air mendidih untuk menghemat waktu. Ketupat sudah matang jika volume plastik padat dan konsistensi ketupat sudah menyatu dan homoge atau tidak terlihat lagi butiran nasi. Ambil beberapa buah, tusuk-tusuk plastik dengan tusuk gigi, supaya air bisa masuk dan lontong bisa masak.

Ketupat kantong plastic Makan opor enaknya ditemani sama ketupat. Berhubung tidak ada daun kelapa, maka sebagai alternative saya menggunakan kantong plastic sebagai pembungkusnya. Hasil dan rasanya tidak kalah nikmat dengan ketupat dari daun kelapa. Malam Bunda, saat ini bunda bisa menyajikan resep Ketupat kantong plastic dengan 4 bahan dan 6 tahapan. Berikut ini bun cara membuatnya, tolong amati baik-baik.

ads/responsive.txt

Bahan bahan Ketupat kantong plastic

  1. Persiapkan 200 gr : beras.
  2. Persiapkan Kantong : plastic.
  3. Persiapkan 3 liter : air.
  4. Persiapkan : Garam.

Beri lubang-lubang kecil pada setiap kantong. Masukkan air dan garam halus ke dalam panci presto. Masukkan kantong beras hingga terendam air seluruhnya. Untuk selongsong ketupat dari plastik, supaya air dapat masuk, maka dinding plastik harus dilubangi dengan jalan ditusuk-tusuk di beberapa bagian.

ads/link.txt

Tahapan memasak Ketupat kantong plastic


ads/responsive.txt
  1. Rendam beras kurang lebih 5 jam, cuci bersih dan tiriskan..
  2. Masukkan beras ke dalam kantong plastic kurang lebih 50 grams setiap kantongnya. Beri lubang-lubang kecil pada setiap kantong..
  3. Masukkan air dan garam halus ke dalam panci presto. Masukkan kantong beras hingga terendam air seluruhnya..
  4. Masak lontong kurleb 2-3 jam. Tambahkan air setiap 30 menit sekali..
  5. Setelah matang segera angkat lontong dan tiriskan. Dinginkan lontong agar butiran berasnya terbentuk sempurna. Sajikan lontong bungkus plastic bersama opor ayam kesayangan..
  6. Note: Resep ini saya buat menurut selera pribadi dan juga berdasarkan ketersediaan bahan baku yang ada. Untuk mendapatkan hasil masakan yang maximal, silakan disesuaikan dengan selera massing-masing..

Sepertinya dari sisi rasa, nasi ketupat yang dibuat dari selongsong plastik ini juga tidak berbeda jauh, namun kalau dikaji lebih jauh, sebenarnya ada risiko tertentu akibat penggunaan plastik ini. Makan opor enaknya ditemani sama ketupat. Berhubung tidak ada daun kelapa, maka sebagai alternative saya menggunakan kantong plastic sebagai pembungkusnya. Hasil dan rasanya tidak kalah nikmat dengan ketupat dari daun kelapa. Kantong plastik yang beredar di pasar sebaiknya dilakukan uji migrasi untuk menjamin keamanannya.


ads/link.txt