Mudahnya Membuat Ketupat praktis dengan kuah opor ayam Nikmat Lezat

Aneka resep terbaru, enak dan Lezat.

Memasak Ketupat praktis dengan kuah opor ayam mudah, mantul, praktis. Resep Masakan Indonesia Enak Cara Membuat Resep Masakan Indonesia Enak dengan Mudah dan Praktis. Fimela.com, Jakarta Tak terasa lebaran tinggal menghitung hari. Tentunya semua harus dipersiapkan dari jauh-jauh hari seperti membuat hidangan saat lebaran.

Ketupat praktis dengan kuah opor ayam Cicipi Juga : Resep Opor Ayam Tahu Kuning Special Kuah Gurih. Nah, kali ini saya akan Demikian step by step proses memasak ketupat sayur khas lebaran nya, cukup mudah dan praktis bukan? Keterangan : Bumbu opor ayam kuah putih dari ZR bumbu sudah di beri garam. Siang Bunda, saat ini bunda dapat menyiapkan resep Ketupat praktis dengan kuah opor ayam dengan 25 bahan dan 3 tahapan. Di bawah ini bun cara memasaknya, tolong simak ya bun.

ads/responsive.txt

Bahan bahan Ketupat praktis dengan kuah opor ayam

  1. Dibutuhkan 6 potong : ayam (selera).
  2. Persiapkan 6 butir : telur (selera).
  3. Persiapkan 1/2 kotak : tempe potong kotak2.
  4. Dibutuhkan 6 buah : tahu goreng potong selera.
  5. Siapkan 2 buah : labu siam potong korek.
  6. Siapkan 1 ikat : kacang panjang potong 3 cm.
  7. Persiapkan 6 butir : bawang putih.
  8. Persiapkan 6 butir : bawang merah.
  9. Persiapkan 1 ruas : jahe.
  10. Siapkan 1 ruas : lengkuas.
  11. Dibutuhkan 1 ruas : kunyit.
  12. Dibutuhkan 1 sdt : kemiri.
  13. Dibutuhkan 1 sdt : lada putih halus.
  14. Persiapkan 1 sdt : ebi yg telah dihaluskan.
  15. Menyiapkan : Bahan pelengkap:.
  16. Dibutuhkan : Bawang goreng.
  17. Dibutuhkan : Kerupuk.
  18. Persiapkan : Bahan ketupat:.
  19. Siapkan 2 gelas : beras cuci bersih.
  20. Persiapkan 4 1/2 gelas : air.
  21. Persiapkan 1/2 sdt : garam.
  22. Dibutuhkan 2 btg : serai.
  23. Siapkan 3 lbr : daun jeruk.
  24. Siapkan 1 sdt : Garam.
  25. Menyiapkan 1 sdt : gula.

Bila kurang bisa di sesuaikan dengan selera. Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Kuah opor yang terbuat dari campuran santan membuatnya terasa gurih dan lezat.

ads/link.txt

Proses memasak Ketupat praktis dengan kuah opor ayam


ads/responsive.txt
  1. Cuci bersih ayam lalu rendam dalam air jeruk, agar tidak amis.
  2. Haluskan semua bumbu lalu tumis dengan 2 sdm minyak sampai harum, masukan serai, daun jeruk lalu masukan ayam aduk sampai berubah warna, masukkan air tunggu nendidih masukan telur, labu, kacang panjang tempe dan tahu setelah labu lunak masukan santan gula dan garam, aduk terus sampai mendidih lalu tes rasa.
  3. Masak beras dalam rice cooker sampai matang lalu hancurkan dengan sendok sampai tekstur lembek, lalu pindahkan ke dalam wadah tahan panas yang telah di alasi plastik sambil di tekan2 agar padat, dan bungkus dengan plastik. lubangi plastik dengan garpu agar ada sirkulasi, diamkan selama 3 jam setelah dingin bisa di potong2 sesuai selera.

Bumbu opor enak dengan kuah yang lezat, resep opor ayam putih tentu bisa menjadi rekomendasi untuk sajian menu spesial lebaran sebagai kuah sayur ketupat atau lontong maupun teman nasi putih. Opor ayam kentang campur wortel dan buncis akan mendapatkan kesan cita rasa yang kian segar. Opor ayam ini pada dasarnya lebih identik dengan perayaan hari raya idul fitri. Karena hidangan berkuah yang nikmat ini selalu dijadikan sayur sebagai pelengkap ketupat. Selain ketupat, sebenarnya hidangan berkuah ini pun akan sangat nikmat ketika disantap dengan nasi putih hangat.


ads/link.txt