Cara Menyajikan Lontong Sayur Sumatera Enak Sempurna

Aneka resep terbaru, enak dan Lezat.

Resep Lontong Sayur Sumatera mudah, cepat, praktis. Lontong Sayur Gulai Tauco ini juga merupakan menu masakan dari Sumatera Barat. Lontong Sayur Medan menjadi menu wajib sambut Lebaran di Sumatera Utara, khususnya Medan. Kelezatannya memang beda dan spesial karena disajikan dengan ragam sayur dan bumbu rempah.

Lontong Sayur Sumatera Tonight I have guest over for dinner. He's been working in Indonesia ( North Sumatera) for quite a while and loves Indonesian food. I decided to make Lontong Medan (Lontong Malam), it is whole some food. Pagi Bunda, saat ini bunda bisa membuat resep Lontong Sayur Sumatera dengan 21 bahan dan 7 tahapan. Di bawah ini bun cara membuatnya, tolong simak ya bun.

ads/responsive.txt

Bahan bahan Lontong Sayur Sumatera

  1. Dibutuhkan : Bahan lontong.
  2. Dibutuhkan 1 cup : beras.
  3. Menyiapkan 3 cup : air.
  4. Menyiapkan : Bahan gulai sayur.
  5. Menyiapkan 1/4 : nangka muda.
  6. Siapkan 1 ikat : buncis.
  7. Siapkan 1 : santan kara.
  8. Dibutuhkan 600 ml : air (untuk campuran santan kara).
  9. Menyiapkan 5 : bawang putih.
  10. Siapkan 9 : bawang merah.
  11. Menyiapkan 10 : cabai merah.
  12. Menyiapkan 3 : kemiri.
  13. Menyiapkan 1 sdm : ketumbar.
  14. Menyiapkan 1 ruas : kunyit.
  15. Siapkan 1 ruas : jahe.
  16. Dibutuhkan 1 batang : sereh.
  17. Siapkan 2 lembar : daun salam.
  18. Siapkan 2 lembar : daun jeruk.
  19. Siapkan secukupnya : Garam.
  20. Dibutuhkan secukupnya : Gula.
  21. Dibutuhkan secukupnya : Minyak.

He can sample a variety of Medan food in a bowl! Satu porsi lontong sayur di warung tenda Lontong Sumatera Uda Uni terdiri dari irisan lontong/kupat, sayur buncis dan labu siam dengan kuah kuning. Kuah kuning di sini memang agak kental, rasanya tidak terlalu pedas. Namanya Kuah Gulai Cubadak atau nangka.

ads/link.txt

Proses memasak Lontong Sayur Sumatera


ads/responsive.txt
  1. Cuci beras, setelah itu masukan air perbandingan 3:1 dengan beras, masak menggunakan mejikom.
  2. Setelah masak dinginkan sebentar, masukan kedalam loyang sambil dipadatkan, kemudian diamkan semalam/masukan kulkas agar hasil maksimal.
  3. Sebelum mengupas bumbu, cuci bersih dulu nangka muda lalu rebus dengan sedikit garam.
  4. Setelah semua bumbu diuleg halus, tumis bumbu kemudian masukan sereh geprek, daun salam dan daun jeruk tumis sampai matang dan harum.
  5. Tuang air santan yang sudah dilarutkan, masukan nangka muda dan buncis yang sudah di iris serong, perhatikan jika mulai mendidih aduk terus gulai sayur agar santan tidak sampai pecah.
  6. Setelah nangka muda dan buncis lembut/matang, lontong sayur siap disajikan.
  7. Sajikan dengan telur rebus dan taburan bawang goreng agar lebih nikmat ya, disini bawang goreng nya diskip, oh ya kalau untuk anak-anak gulai sayurnya cabai merah di skip, dan biasanya bisa ditambah dengan sambal goreng, selamat mencoba 😊.

Lontong sayur memang cocok dimakan di segala waktu, baik pagi siang maupun malam hari. Di Padang, ada juga makanan yang nikmat bernama lontong sayur Padang. Nah resep ketupat atau lontong khas Padang berbeda dengan lontong di daerah lain lho. Yuk, simak! cook like kayka, gulai cubadak, gulai nangka, sayur lontong padang, young jackfruit gulai, masakan minang, masakan padang πŸ€πŸ€πŸ€ 🀳🏻INSTAGRAM: https://www. Lontong is a Southeast Asian dish made of compressed rice cake in the form of a cylinder wrapped inside a banana leaf, commonly found in Indonesia, Malaysia and Singapore.


ads/link.txt