Cara Membuat Lontong Opor Ayam Praktis Enak

Aneka resep terbaru, enak dan Lezat.

Memasak Lontong Opor Ayam mudah, gurih, praktis. Untuk opor ayam kampung tentu bahan utamanya adalah ayam kampung, jadi bukan ayam putih. Opor ayam merupakan masakan dengan bahan dasar daging ayam dan santan, yaitu ayam rebus yang dimasak dengan menggunakan bumbu kental dari santan yang lalu ditambahkan dengan bermacam-macam bumbu seperti serai, kencur, dan sebagainya. Opor ayam merupakan masakan sejenis kari ayam yang sangat dikenal di Indonesia.

Lontong Opor Ayam Opor ayam sebenarnya adalah ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu seperti serai, kencur, dan sebagainya. Dalam tradisi Jawa, perayaan Lebaran biasanya dibuat meriah dengan membuat ketupat. Kangen sama opor ayam kampung khas kota batang yang kental kuahnya, jadi coba buat sendiri. Apa kabar Bunda, sekarang bunda dapat membuat resep Lontong Opor Ayam dengan 22 bahan dan 7 tahapan. Berikut ini bun cara memasaknya, tolong perhatikan ya bun.

ads/responsive.txt

Bahan bahan Lontong Opor Ayam

  1. Siapkan : Bahan Opor Ayam.
  2. Siapkan 1 ekor : ayam ukuran 1 kg.
  3. Menyiapkan 8 butir : telur ayam.
  4. Persiapkan 100 ml : santan kental (pasta santan).
  5. Menyiapkan : Bumbu Opor ayam.
  6. Siapkan 1 bungkus : bumbu opor ayam putih dari bamboo.
  7. Persiapkan 3 butir : kemiri.
  8. Siapkan 1/2 buah : bawang bombai merah.
  9. Siapkan 3 butir : bawang putih.
  10. Siapkan 1 batang : serai.
  11. Menyiapkan 2 cm : lengkuas.
  12. Dibutuhkan 4 lembar : daun salam.
  13. Persiapkan 4 lembar : daun jeruk buang tulang daunnya.
  14. Dibutuhkan 1 sdt : ketumbar bubuk.
  15. Dibutuhkan 1/2 sdt : kunyit bubuk.
  16. Dibutuhkan : Lontong Nasi.
  17. Menyiapkan 8 cup : beras.
  18. Menyiapkan : Pelengkap:.
  19. Siapkan : Sambal teri.
  20. Menyiapkan : Teri goreng dan kacang tanah goreng untuk anak-anak.
  21. Siapkan : Bawang merah goreng.
  22. Dibutuhkan : Kerupuk Udang.

Rasanya mantul! #AhlinyaAyam #SiapRamadan Resep lontong udah ditulis ya mom, cek di post sebelum ini. Saya suka opor ayam putih, jadi kalo dicampur dengan kondimen lain warna nya cantik, seharusnya saya bikin lodeh manisa juga yang warna kuning kemerahan, tapi udah males 🙈, jadi kalo di tata kuahnya warna warni ada putih, merah dari samb. #OporAyam tambah lontong adalah #MasakanRumahan, yg merupakan makanan yg sudah membudaya di Indonesia. Bagi yg Diet DEBM tentu hanya bisa menyantap Opor Ayam tanpa. The more elaborate recipe of lontong is Lontong Cap Go Meh, a peranakan Chinese Indonesian adaptation on traditional Indonesian dishes, lontong served with rich opor ayam, sayur lodeh, sambal goreng ati (beef liver in sambal), acar, telur pindang (hard boiled tea egg), abon (beef floss), and koya powder (mixture of soy and dried shrimp powder).

ads/link.txt

Step by Step memasak Lontong Opor Ayam


ads/responsive.txt
  1. Cara membuat opor: -Haluskan bawang putih, bombai merah, dan kemiri lalu tumis dengan bumbu lainnya sampai harum..
  2. Masukkan ayam yang sudah di potong menjadi 16 bagian, tumis dengan bumbu..
  3. Dipanci lain didihkan air 1,5 liter. Setelah mendidih masukkan ayam berbumbu tadi, dan tambahkan santan aduk jangan sampai pecah santannya..
  4. Masukkan telur rebus yang sudah di kupas masak sebentar saja asal mendidih lagi. Opor siap dinikmati..
  5. Lontong: Cuci beras kemudian tiriskan. Masukkan beras kedalam plastik. Karena berasnya ga mekar jadi saya isi 1/2 lebih dikit. Kalau berasnya mekar di isi 1/2 sudah cukup. Masukkan kebanci dengam cara disusun berjejer lalu isi dengan air sampai terendam. Masak di api sedang sampai mendidih setelah mendidih kecilkan api sampai 4 jam. Saya merebusnya pakai pemenas ruangan karena sekalian menghabiskan sisa minyak tanah🤭..
  6. Setelah lontong matang angkat dan tiriskan, ikatkan dengam kuat bagian kosong dengam cara diputar-putar agar lontong padat. Tata dengan posisi terbalik. Tunggu sampai dingin agar lontong menjadi padat. Setelah padat iris sesuai selera. Si lontong jadi padet dan lembut..
  7. Penyajian: Tata lontong dibagian bawah piring, Beri bawang merah goreng tuang, ayam dan telur lalu tuang kuah opor. Tambahkan sambal teri dan kerupuk di atasnya. Nikmat😋😋..

Lontong yg empuk di siram kuah opor yg penuh kaldu, diperkaya tauco tahu.maknyos Loading. Autoplay When autoplay is enabled, a suggested video will automatically play next. Lontong Opor Ayam - Walaupun lontong opor ayam sangat khas sekali dengan lebaran, namun makanan ini tidak salah jika kalian coba bukan di hari lebaran. Dengan Resep Membuat Lontong Opor Ayam Paling Enak, dijamin kalian pasti sangat suka dan dijamin bakal ketagihan. Opor ayam is an Indonesian dish consisting of chicken cooked in coconut milk from Central Java.


ads/link.txt