Cara Menyajikan Lontong cap go meh Paling Enak

Aneka resep terbaru, enak dan Lezat.

Resep Lontong cap go meh mudah, mantul, praktis. Lontong Cap Go Meh is a Chinese Indonesian take on traditional Indonesian dishes, more precisely Javanese cuisine. It is lontong rice cake served with richly-flavoured dishes which includes opor ayam chicken in coconut milk, sayur lodeh vegetables soup, hot and spicy liver, hard boiled pindang egg, koya powder made of soy and dried shrimp or beef floss, pickles, chili paste and prawn cracker. Ikut meramaikan dan menyemarakkan Cap Go Meh tidak lupa bikin lontong Cap Go Meh juga.

Lontong cap go meh Resep Masakan Lontong Cap Go Meh Komplit - Olahan Nusantara ternyata bisa juga dipadukan dengan masakan keturunan Tionghoa indo, contohnya seperti resep lontong cap go meh ini. Walaupun tergolong sangat unik, tapi masakan yang satu ini tidak bisa diragukan lagi kelezatannya. Bayangkan saja lontong yang sudah dipotong-potong dipadukan dengan lumuran kuah opor dan syur lodeh, kemudian. Sore Bunda, sekarang bunda bisa menyajikan resep Lontong cap go meh dengan 22 bahan dan 4 tahapan. Di bawah ini bun cara menyiapkannya, tolong amati ya bun.

ads/responsive.txt

Bahan bahan Lontong cap go meh

  1. Siapkan 300 gr : ayam,potong2.
  2. Menyiapkan 3 bh : labu Siam,kupas.
  3. Menyiapkan 2 btg : serai geprek.
  4. Siapkan 6 : lb daun jeruk.
  5. Menyiapkan 3 : lb daun salam.
  6. Siapkan 700 ml : santan (3 Bks santan instan & air).
  7. Persiapkan : Gula.
  8. Dibutuhkan : Garam.
  9. Persiapkan : Penyedap rasa.
  10. Dibutuhkan : Bumbu.
  11. Menyiapkan 15 siung : bawang merah.
  12. Dibutuhkan 6 siung : bawang putih.
  13. Persiapkan 6 bh : cabe merah.
  14. Menyiapkan Seruas : jahe.
  15. Persiapkan 2 cm : kunyit.
  16. Dibutuhkan : Lengkuas geprek.
  17. Dibutuhkan 3 btr : kemiri.
  18. Persiapkan secukupnya : Ketumbar.
  19. Dibutuhkan : Pelengkap.
  20. Menyiapkan : Lontong.
  21. Menyiapkan : Telur rebus.
  22. Dibutuhkan : Sambal goreng.

Lontong Cap Go Meh bisa dibilang merupakan perpaduan dari masakan peranakan Tionghoa Indonesia dengan masakan Indonesia yang berasal dari Jawa. Satu porsi Lontong Cap Go Meh biasanya terdiri dari lontong yang dibanjur dengan kuah opor ayam, sayur lodeh, sambal goreng hati, acar, telur pindang, abon sapi, bubuk koya, sambal dan kerupuk. Lontong cap go meh bukan seperti lontong kari biasa karena makanan ini menggunakan bahan tambahan berupa opor ayam, telur petis maupun kedelai goreng. Dari sini saja kita sudah bisa menebak bahwa rasa dari lontong ini memang benar-benar sangat menggiurkan.

ads/link.txt

Proses memasak Lontong cap go meh


ads/responsive.txt
  1. Cuci bersih ayam,lalu rebus hingga empuk & iris2 labu Siam panjang cuci lalu tiriskan.
  2. Siapkan bumbu,cuci bersih haluskan lalu tumis hingga harum.
  3. Masukan serai daun salam serta daun jeruk aduk rata tuang santan aduk rata tambahkan gula garam dan penyedap rasa secukupnya.
  4. Masukan labu Siam lalu ayam,masak hingga mendidih dan matang.

Cap Go Meh wasn't allowed to be celebrated in Indonesia for a long time, therefore the Chinese people used the moon-shaped rice cake (Lontong) to replace Tang Yuan. The characteristics of Lontong, which are sticky and round, symbolizes unity and family togetherness. Pemilik Restoran Semarang ini menuturkan, lontong opor ayam Cap Go Meh merupakan akulturasi budaya masyarakat Cina peranakan di pesisir utara Jawa, khususnya Semarang, dengan tradisi masyarakat Muslim. Ikut meramaikan dan menyemarakkan Cap Go Meh tidak lupa bikin lontong Cap Go Meh juga. Sebelumnya blm pernah tahu jenis makanan ini yang begaimana.


ads/link.txt