Resep mudah Lontong balap lamongan Mantul Banget

Aneka resep terbaru, enak dan Lezat.

Memasak Lontong balap lamongan mudah, mantul, praktis. Hai, kawan Roman, Kali ini RK kulineran Lontong Balap di Pule Kecamatan Tikung Lamongan. Lokasi: Jl Raya Mantup depan pertokoan Pule Tikung Lamongan Harga. Lontong Balap merupakan salah satu makanan khas Jawa Timur yang digemari.

Lontong balap lamongan Makanan ini terdiri dari lontong, taoge, tahu goreng, lentho, bawang goreng, kecap, dan sambal. Lontong balap Surabaya adalah salah satu jenis makanan kebanggaan khas Jawa Timur. Lontong Balap is full of sprouts. Malam Bunda, saat ini bunda dapat memasak resep Lontong balap lamongan dengan 23 bahan dan 8 tahapan. Di bawah ini bun cara menyiapkannya, tolong perhatikan baik-baik.

ads/responsive.txt

Bahan bahan Lontong balap lamongan

  1. Menyiapkan 1/2-1 kg : toge.
  2. Persiapkan 1 bks : mie kuning (burung darah).
  3. Dibutuhkan 5 buah : tahu yg ukuran besar.
  4. Siapkan 1/2 : tempe.
  5. Menyiapkan : Bawang goreng.
  6. Menyiapkan 2000 ml : air /2kg air.
  7. Persiapkan : Bumbu kuah:.
  8. Siapkan 100 gr : bawang putih.
  9. Persiapkan 100 gr : bawang merah.
  10. Menyiapkan 100 gr : udang.
  11. Siapkan 3 batang : pre.
  12. Persiapkan 1 sdm : kecap manis.
  13. Dibutuhkan : Bumbu petis:.
  14. Menyiapkan 4 : bawang merah.
  15. Dibutuhkan 3 : bawang putih.
  16. Persiapkan 50 gr : cabe rawit.
  17. Siapkan 2 biji : udang.
  18. Dibutuhkan 1 sdm : gula merah.
  19. Siapkan : Bahan pelengkap:.
  20. Siapkan secukupnya : Garam.
  21. Persiapkan secukupnya : Gula.
  22. Menyiapkan secukupnya : Penyedap.
  23. Persiapkan secukupnya : Lada.

Lontong Balap is not served well without Kerang Satay. Shellfish satay, ismade from the shellfish that is boiled and then it is served like satay, but without being roasted. Seporsi lontong balap berisi lontong itu sendiri, potongan tahu goreng, tauge, bawang goreng Kenyang menyantap seporsi lontong balap Rajawali, kamu bisa langsung memanjakan mata ke. Tapi tempat ini yang paling ramai.

ads/link.txt

Proses memasak Lontong balap lamongan


ads/responsive.txt
  1. Potong dadu tempe lalu goreng, untuk tahu saya biarkan utuh, bisa juga potong dadu, sesuai selera saja yaa.
  2. Rajang bawang putih seperti digambar (sebab kata ibu saya lebih sedap kalau dirajang dulu), bawang merah juga boleh dirajang klau mau, kemudian goreng masing-masing hingga keemasan.
  3. Haluskan bumbu yg sudah digoreng termasuk udangnya yaa, untuk bawang pre potong biasa saja.
  4. Setelah itu tumis bawang pre terlebih dahulu sampai agak layu (maafkan wajan saya yg buruk rupa tpi ini dijamin bersih dan anti lengket, efek sering masak dikompor tungku jaman dlu) 😁, setelah itu masukkan bumbu halus jangan lupa beri garam, gula, lada, kecap dan penyedap, koreksi rasa, biasanya lontong balap dominan agak manis sedikit dari gula bukan kecap, sesuai selera yg suka manis bisa perbandingan 1:2 garam dan gula.
  5. Panaskan air hingga mendidih, lalu masukkan bumbu yg sudah ditumis tdi, koreksi rasa lagi, warna kuah akan agak kecoklatan karena efek dari kecap, sisihkan.
  6. Bumbu petis haluskan, setelah halus masukkan ke wajan (api jangan dinyalakan dulu yaa), beri 2gelas air seperti digambar yaa gelasnya, jika tidak suka pedas bisa diskip atau dikurangi, aduk rata antara air, bumbu dan petis menjadi satu, setelah itu baru nyalakan api/kompor, masak hingga air menyusut dan meletup-letup, jangan lupa tambahkan gula dan garam (sesuai selera yaa).
  7. Nah untuk toge cukup direndam air panas saja kurleb 3-5 menit, begitu juga mie bisa direbus setengah matang, disini saya tanpa mie yaaa.., tinggal diracik deh lontong balapnya jangan lupa taburi bawang goreng atasnya yaaa, selamat mencoba😊.
  8. Catatan: untuk petis jika tidak habis bisa ditaruh ke dalam lemari es, dan dihangatkan kembali jika dipakai, bisa untuk cocolan aneka gorengan.

Siapa yang belum tahu hidangan kebanggaan orang Surabaya ini? Lontong balap adalah salah satu hidangan historis dengan kekayaan rasa yang luar. Lontong balap sendiri lebih didominasi oleh sayuran kecambah. Dalam sajiannya Lontong Balap terasa kurang pas jika tidak dipadukan dengan sate kerang, yang dijadikan sajian pelengkap menu ini. Lontong balap Pasuruan sangat berbeda dengan lontong balap Surabaya, yang paling terlihat adalah dari Sajikan hangat.


ads/link.txt