Cara Menyajikan Lontong Kikil Sapi Lezat Mantap

Aneka resep terbaru, enak dan Lezat.

Resep Lontong Kikil Sapi mudah, nikmat, praktis. Resep Lontong Kikil Khas Surabaya Spesial - Lontong adalah makanan yang dibuat dari bahan beras yang dibungkus daun pisang dan dimasak rebus kedalam air yang mendidih hingga matang. Rasanya yang tawar sama seperti nasi namun lontong memiliki tekstur yang sangat kenyal dan enak sekali. bahan: kikil sapi lontong bumbu : bamer baput ketumbar bubuk kunyit bubuk jahe lengkuas sereh daun jeruk daun bawang seledri gula garam kaldu jamur pelengkap : bawang merah goreng sambel seledri. " KIKIL KAKI SAPI " yup. selama ini kita makan sop kaki sapi / kikil sapi, kita taunya cuma " NIKMAT " nya saja. Ternyata begini cara memisah kan kikil ka.

Lontong Kikil Sapi Kikil Sapi Waru Jaya [image source] Nah, kali ini warung yang menyediakan kikil sapi super lezat adalah Kikil Sapi Waru Jaya. Letaknya sendiri bukan di Surabaya, melainkan di kawasan Waru, Sidoarjo. Lontong Kikil merupakan sajian tradisional yang terdiri dari lontong dan kikil (kaki sapi). Apa kabar Bunda, sekarang bunda dapat menyiapkan resep Lontong Kikil Sapi dengan 17 bahan dan 5 tahapan. Di bawah ini bun cara menyiapkannya, tolong teliti ya bun.

ads/responsive.txt

Bahan bahan Lontong Kikil Sapi

  1. Siapkan 1 kg : Kikil sapi.
  2. Dibutuhkan : air untuk rebus dn kuah.
  3. Persiapkan : Bumbu Halus.
  4. Persiapkan 10 : bawang merah.
  5. Dibutuhkan 8 : bawang putih.
  6. Siapkan 5 : cabe merah buang biji.
  7. Siapkan 1 siung : jahe.
  8. Siapkan 3 siung : kunyit.
  9. Menyiapkan 5 : kemiri.
  10. Dibutuhkan : gula.
  11. Menyiapkan : garam.
  12. Menyiapkan : kaldu bubuk.
  13. Persiapkan : Bahan tambahan.
  14. Menyiapkan : sere.
  15. Dibutuhkan : lengkuas.
  16. Dibutuhkan : daun jeruk.
  17. Dibutuhkan : bawang pre (potong sesuai selera).

Tekstur kikil yang kenyal-kenyal, disajikan dengan kuah hangat nan sedap membuat Lontong Kikil selalu dirindukan jika ke Surabaya. Dan dalam resep ini insyaAllah kikil tidak bau amis 😁. Lihat juga resep Sambel goreng Kikil Sapi enak lainnya! Sambil menunggu haluskan semua bumbu bahan bumbu.

ads/link.txt

Step by Step memasak Lontong Kikil Sapi


ads/responsive.txt
  1. Cuci bersih kikil, potong besar2. Rebus dengan air smpai menutup semua bagian. Saya rebus 3 kali. Air mendidih agak habis dan putih buang, ganti air sampai 3 kali untuk hilangin bau. Rebusan ke 4 untuk kuah. Potong kikil sesuai selera (jangn kecil2 g terasa nnt).
  2. Blender bahan bumbu halus. kasih air sedikit saat blender. Tumis tanpa minyak. Setelah air habis tuang minyak goreng. Tambahkan sere,daun jeruk dan lengkuas Tumis smpek harum..
  3. Ambil kikil yg sudah dipotong2. Masukkan dalam tumisan bumbu halus. masak sampai meletup2.
  4. Pindahkan tumisan ke air kuah kaldu. Tambahkan gula garam dan kaldu. tes rasa. Masukan daun bawang pre. Masak hingga mendidih..
  5. Siap disajikan dengn lontong dan sambal. Saya sambal kemiri. Lombok rawit bawang putih dan kemiri digoreng lalu ulek halus tambahkan garam dan gula. Done.

Jika sudah empuk angkat dan potong menjadi beberapa bagaian berbentuk persegi. Lontong kikil merupakan makan khas Jawa Timur, khusunya daerah Surabaya. Biasanya terbuat dari kikil sapi (kaki sapi) dengan lontong yang dipotong-potong kecil sebagai pengganti nasi. Lontong kikil enak disajikan ketika masih hangat karena ketika dingin akan terasa mengental. Masakan Kikil sapi adalah masakan yang sangat menarik, apalagi jika ditambahkan dengan lontong, di Surabaya lontong kikil sapi banyak dijual di sepanjang jalan protokol dan jalan gang-gang sempit.


ads/link.txt