Resep mudah Bongko/Lontong Gurih Mantul

Aneka resep terbaru, enak dan Lezat.

Memasak Bongko/Lontong mudah, yummy, praktis. Cara pembuatannya juga ada sedikit perbedaan, kalo lontong dibuat langsung dr beras mentah, sedangkan bongko berasnya diaron terlebih dahulu. Bosan dg ketupat, utk menu lebaran kali ini saya buat bongko. Usaha Bongko/Lontong/Ketupat Yang Menguntungkan Saat Lebaran "Inspirasi Penerima PKH di Indramayu".

Bongko/Lontong Masak sampai menjadi bubur kental dan kering. Masukan kedalam plastik ziplok, padatkan dan ratakan. Notte: cup yang digunakan untuk takaran air, sama dengan yang digunakan untuk beras. Pagi Bunda, saat ini bunda bisa menyajikan resep Bongko/Lontong dengan 6 bahan dan 8 tahapan. Berikut ini bun cara membuatnya, tolong simak ya bun.

ads/responsive.txt

Bahan bahan Bongko/Lontong

  1. Siapkan 1 kg : beras, cuci bersih dan tiriskan.
  2. Menyiapkan 1500 ml : air.
  3. Dibutuhkan 1 sdm : garam.
  4. Menyiapkan Secukupnya : daun pisang.
  5. Siapkan Secukupnya : semat lidi.
  6. Menyiapkan Secukupnya : air utk merebus.

Lihat juga resep Lontong Daun Pisang Magic Com enak lainnya! Makanan khas Jepara ini merupakan sejenis kue tradisional. Masyarakat setempat biasanya menyajikan bongko mento dalam acara arisan, syukuran dan lain - lain. Tekstur dari makanan ini sangat lembut..

ads/link.txt

Tahapan memasak Bongko/Lontong


ads/responsive.txt
  1. Sobek daun pisang sesuai ukuran yg diperlukan dan dibuat layu dg cara memanaskannya di atas kompor. Sisihkan..
  2. Masak air hingga mendidih, masukkan beras dan garam. Aduk rata dan masak beras hingga air terserap habis dan beras menjadi aron. Matikan api, tutup panci dan istirahatkan beras aron selama 15 menit..
  3. Setelah diistirahatkan, tumbuk-tumbuk secara perlahan beras aron menggunakan ulekan yg dilapisi plastik hingga butiran beras menjadi halus..
  4. Ambil adonan bongko, timbang sebanyak 150 gr, kemudian dibentuk lonjong. Lakukan hingga adonan habis..
  5. Siapkan 2 lembar daun, letakkan adonan bongko di atasnya dan gulung daun hingga bongko terbungkus rapi. Semat kedua ujungnya dg lidi. Lakukan hingga selesai..
  6. Masak air hingga suam kuku, masukkan bongko ke dalam panci hingga bongko terendam air dan masak selama 2 jam. Satu jam pertama periksa panci, jika airnya menyusut maka tambahkan air panas ke dalamnya. Selama merebus bongko harus terendam air..
  7. Setelah matang, angkat bongko satu persatu dan celupkan ke dalam air matang suhu biasa. Tujuannya agar bongko bersih dr sisa air rebusan sehingga tidak mudah basi. Tiriskan bongko dg posisi berdiri..
  8. Sajikan bongko bersama sayur labu, opor ayam, dan sambal goreng ati 👍👍.

Lontong disajikan bersama kuah bakso dan daging ayam semur yang telah disuwir. Language: English Location: United States Restricted Mode: Off Bongko Pisang, salah satu hidangan kue yang dibungkus dengan daun pisang. Kedua kontestan mengakhiri pertarungannya dengan berbagai tantangan yang diberikan tiga chef tamu. Bongko ini artinya lontong besar yang dimasak dengan kapur sirih agar kepadatannya pas, tidak terlalu lembek maupun keras. Ditambah toge dan juga tahu kuning, soto bongko pun siap disajikan.


ads/link.txt