Resep mudah Ketupat sayur/Lontong Banjar dan Masak habang Praktis Enak

Aneka resep terbaru, enak dan Lezat.

Resep Ketupat sayur/Lontong Banjar dan Masak habang mudah, cepat, praktis. Apakah lontong sayur sama dengan ketupat sayur. Kalau dilihat dari sajian sayurnya bisa dibilang saya, jika ada perbedaan Namun demikian ada keunikan dari lontong sayur khas banjar ini. Selain menggunakan sayur nangka muda juga masih ada tambahan masakan lainnya yakni masak habang.

Ketupat sayur/Lontong Banjar dan Masak habang Masak Habang adalah masakan khas dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Lebih jauh lagi masakan ini punya rekan pendamping yaitu Masak Hijau dan Masak Kuning. Misal Ayam Masak Habang atau Daging Masak Habang. Hai Bunda, sekarang bunda dapat membuat resep Ketupat sayur/Lontong Banjar dan Masak habang dengan 35 bahan dan 4 tahapan. Di bawah ini bun cara membuatnya, tolong amati baik-baik.

ads/responsive.txt

Bahan bahan Ketupat sayur/Lontong Banjar dan Masak habang

  1. Dibutuhkan secukupnya : Ketupat.
  2. Persiapkan secukupnya : Telor bebek/itik.
  3. Dibutuhkan : Ayam Kampung 1/2 bagian/potong 6.
  4. Dibutuhkan secukupnya : Gula/Garam/kaldu bubuk.
  5. Siapkan secukupnya : Bawang goreng.
  6. Persiapkan : Bahan Kuah Lontong/Ketupat.
  7. Siapkan secukupnya : Kacang Panjang/boleh Sayur nangka (saya gak ada).
  8. Menyiapkan 500 ml : Air.
  9. Dibutuhkan 200 ml : Santan Kental (merk Sasa).
  10. Menyiapkan 1 batang : Serai geprek.
  11. Menyiapkan 2 cm : Laos geprek.
  12. Dibutuhkan 3 lembar : Daun Salam.
  13. Persiapkan : Bumbu Halus Kuah.
  14. Menyiapkan 10 siung : Bawang Merah.
  15. Menyiapkan 5 siung : Bawang Putih.
  16. Dibutuhkan 1 ruas : Kencur.
  17. Persiapkan 1 ruas : Kunyit.
  18. Siapkan 5 butir : Kemiri.
  19. Menyiapkan 1 sdm : Ketumbar bubuk/ulek.
  20. Persiapkan 1/2 sdt : terasi bakar.
  21. Dibutuhkan secukupnya : Minyak Goreng.
  22. Siapkan : Bumbu Masak Habang.
  23. Siapkan 10 buah : Cabai merah Kering buang bijinya.
  24. Menyiapkan 12 siung : Bawang merah.
  25. Persiapkan 6 siung : Bawang Putih.
  26. Siapkan Seruas : Jahe.
  27. Dibutuhkan 1 kotak kecil : terasi (terasi abc).
  28. Dibutuhkan 1 sdm : Air asam jawa (boleh diskip).
  29. Dibutuhkan Secukupnya : Gula merah/gula aren.
  30. Menyiapkan 2 sdm : Kecap manis.
  31. Menyiapkan 2 sdm : Saos Tomat.
  32. Dibutuhkan 1 bunga : lawang.
  33. Siapkan 3 cm : Kayu Manis.
  34. Menyiapkan 2 butir : Cengkeh.
  35. Siapkan : Air kaldu Ayam (bekas rebusan ayam yang sudah direbus dua kali, karena rebusan pertama masih ada lemak dan darahnya).

Kali ini saya memilih daging sebagai bahan utama untuk resep. Ketupat yang dilengkapi dengan sayur kacang panjang ini akan menjadi lebih spesial dan nikmat. Lantas seperti apa resep dan bagaimana cara membuatnya? Jika penasaran, yuk simak resep dan cara membuat sayur kacang panjang untuk ketupat atau lontong di bawah ini.

ads/link.txt

Proses memasak Ketupat sayur/Lontong Banjar dan Masak habang


ads/responsive.txt
  1. Rebus bahan2 bumbu halus, setelah lunak baru blender dan campurkan minyak secukupnya di blender. Setelah itu tumis, tidak perlu tambahkan minyak lagi. Masukan daun salam, sereh geprek dan laos geprek. Setelah harum, masukan santan kental, tumis sebentar dan tambahkan air. Masukkan kacang panjang. Tambahkan gula/garam/kaldu bubuk. Koreksi rasa. Aduk2 terus hingga mendidih dan koreksi rasa..
  2. Untuk masak habang, cuci cabe merah tiriskan dan rebus bersama bawang merah, bawang putih, jahe sampai lunak. Blender sampai halus. Setelah halus, tumis dengan minyak, masukan kayu manis, bunga lawang dan cengkeh. Aduk2 sampai keluar minyak. Tambahkan saos tomat, kecap dan air asam jawa serta terasi..
  3. Tambahkan air kaldu dari ayam yang di rebus. Masukan telur itik dan ayam yang sudah direbus dan tambahkan gula merah, garam, gula, kaldu bubuk. Aduk dan siram2 ayam dan telurnya supaya kena bumbunya. Masak sampai air agak mengental, koreksi rasa. Bumbu masak habang ini rasanya manis gurih ya mom gak pedes kaya balado/rica2 walau pake cabe, aman buat anak dan ada rasa khas kayumanis nya jg. Kalau yang udah pernah ke banjarmasin kalsel pasti udah tau rasanya..
  4. Setelah masak habang selesai, tambahkan sekitar 1 sdm bumbu masak habang ke kuah santan/kuah lontong. Saya ikutin cara ibu2 yang jualan di dekat rumah saya, karena rasanya jd lebih gurih. Aduk dengan api kecil sebentar. Kemudian sajikan dengan lontong/ketupat beserta masak habangnya jangan lupa taburkan bawang goreng. Rasanya enak banget bunn...

Lontong orari atau lontong sayur khas Banjarmasin disajikan bersama lauk berupa ikan gabus dan telur atau ayam yang dibumbui merah. Jika menyantap sesendok lontong orari, lidah akan menerima paduan cita rasa gurih santan, kenyal lontong, dan manis masak habang. Soto Banjar adalah salah satu ikon kuliner Kalimantan Selatan. Ingin tahu cara membuat soto ayam berempah dan lezat ini? Hidangan ini merupakan salah satu kekayaan kuliner provinsi beribu kota Banjarmasin selain ayam masak habang, lontong orari, dan ketupat kandangan.


ads/link.txt