Gampangnya Menyajikan Lontong Sayur Labu Siam Lezat Mantap

Aneka resep terbaru, enak dan Lezat.

Memasak Lontong Sayur Labu Siam mudah, mantul, praktis. Resep lontong sayur labu siam enak dan lezat. Lontong sayur merupakan makanan berbahan dasar sayuran yang disandingkan dengan lontong. Tidak berbeda dengan nasi putih, lontong atau ketupat (kupat) yang sama-sama terbuat dari beras juga dihidangkan dengan bermacam kreasi masakan.

Lontong Sayur Labu Siam Sayur ini berkuah santan dan berbahan labu siam yang dipotong memanjang seperti korek api, sayur ini sering disajikan bersama lontong atau ketupat sebagai pengganti nasi putih. Namun selain sebagai sayur pelengkap lontong atau ketupat, sayur labu siam ini pun cocok dijadikan sebagai menu santap siang atau malam bersama keluarga. Nah, apabila anda penasaran apa saja resep dan bagaimana cara membat sayur labu siam ini, maka anda bisa langsung simak di bawah ini. Sore Bunda, saat ini bunda dapat menyiapkan resep Lontong Sayur Labu Siam dengan 23 bahan dan 8 tahapan. Di bawah ini bun cara menyiapkannya, tolong perhatikan baik-baik.

ads/responsive.txt

Bahan bahan Lontong Sayur Labu Siam

  1. Dibutuhkan : Bahan Lontong.
  2. Siapkan Secukupnya : beras.
  3. Menyiapkan Secukupnya : cetakan lontong alumunium (yang berbentuk tabung).
  4. Persiapkan Secukupnya : daun pisang.
  5. Persiapkan : Bahan Sayur.
  6. Menyiapkan 2 buah : labu siam ukuran besar.
  7. Siapkan 5 siung : bawang merah.
  8. Dibutuhkan 2 siung : bawang putih.
  9. Dibutuhkan 15 biji : cabe merah keriting.
  10. Siapkan Secukupnya : ketumbar bubuk.
  11. Persiapkan 3 helai : daun salam.
  12. Menyiapkan 2 helai : daun jeruk.
  13. Siapkan 1 ruas : lengkoas.
  14. Dibutuhkan 1 batang : sereh.
  15. Siapkan 1 sdt : jinten.
  16. Siapkan 6 biji : cengkeh.
  17. Menyiapkan 2 biji : kapulaga.
  18. Persiapkan 2 sachet : santan kara 65 ml.
  19. Menyiapkan Secukupnya : telur rebus.
  20. Siapkan Secukupnya : garam.
  21. Menyiapkan Secukupnya : gula.
  22. Persiapkan Secukupnya : penyedap.
  23. Dibutuhkan Secukupnya : lada.

Resep lontong sayur labu siam enak dan lezat. Lontong sayur merupakan makanan berbahan dasar sayuran yang disandingkan. Lontong sayur khas Betawi yang segar sangat cocok untuk sarapan. Paduan kuah santan, labu siam, dan gurihnya rebon membuat lontong sayur terasa nikmat.

ads/link.txt

Step by Step memasak Lontong Sayur Labu Siam


ads/responsive.txt
  1. Gunting daun pisang sesuai panjang tabung cetakan, gunting juga daun pisang mengikuti bentuk tutup lingkaran. Masukkan daun pisang tersebut ke dalam cetakan.
  2. Untuk kuah sayurnya, potong2 labu siam.
  3. Rendam beras selama 15 menit, lalu cuci bersih. Masukkan beras tersebut ke dalam cetakan lontong yang sudah diberi daun pisang hingga mencapai 1/2 lebih sedikit bagian cetakan, lalu tutup rapat.
  4. Rebus cetakan lontong tersebut di dalam panci presto (semua bagian cetakan terendam air) tanpa ditutup selama 30 menit (jika sudah mendidih kecilkan api hingga waktunya habis). Setelah 30 menit, tutup panci presto, besarkan api hingga pemberat panci presto berbunyi, kecilkan api lalu masak selama 30 menit lagi.
  5. Setelah selesai, matikan api, tunggu hingga panci presto tidak berbunyi lagi baru kemudian tutupnya dibuka. Keluarkan cetakan dari panci, buka tutup cetakan lontongnya, keluarkan lontong yang sudah jadi, sisihkan.
  6. Untuk kuah sayurnya, kupas kulit labu siam lalu potong2 seperti korek api. Haluskan bawang merah, bawang putih, jinten dan cabe merah keriting. Geprek lengkuas, batang serah dan kapulaga. Tumis semua bumbu tersebut bersama daun salam, cengkeh dan daun jeruk hingga harum. Masukkan labu siam yang telah dipotong dan dicuci, aduk-aduk. Tambahkan air secukupnya, tunggu sampai mendidih..
  7. Setelah mendidih, tambahkan 2 sachet santan Kara, aduk-aduk. Masukkan telur yang telah direbus, tambahkan garam, gula, penyedap dan lada secukupnya sesuai selera. Test rasanya, jika sudah pas matikan api kompor.
  8. Tata dalam piring lontong yang telah dipotong, siram dengan kuah sayur labu siam lengkap dengan telurnya. Lontong sayur siap disajikan 😊.

Membuatnya sendiri pun sangat mudah dan praktis. Lontong sayur khas Sumatra Utara ini punya keunikan dalam bumbu sayur gurih labu siam. Meski Ketupat atau Lontong Sayur adalah makanan khas Betawi tapi saya kenal makanan ini waktu masih nyangkul di Batam. Pindahkan semua ke dalam panci jika anda ingin meneruskan memasak dengan panci. Cara membuat sayur labu siam sebenarnya sangatlah mudah sekali.


ads/link.txt