Resep mudah Lontong Praktis Mantul Banget

Aneka resep terbaru, enak dan Lezat.

Memasak Lontong Praktis mudah, mantul, praktis. Lontong is an Indonesian dish made of compressed rice cake in the form of a cylinder wrapped inside a banana leaf, commonly found in Indonesia, Malaysia and Singapore. Memasak lontong dengan rice cooker / magic com. Lebih praktis karena beras dalam plastik disini lazim dijual dengan harga yang relatif murah.

Lontong Praktis Setiap Lebaran, ketupat adalah salah satu hidangan yang wajib ada. Membuat ketupat dengan cara biasa membutuhkan waktu lama atau memang lebih cepat apabila menggunakan panci presto. Lontong merupakan makanan berbentuk panjang bulat yang terbuat dari beras yang dibungkus dengan menggunakan Sebenarnya sebagian besar daerah di Indonesia memiliki varian lontong. Pagi Bunda, saat ini bunda bisa menyiapkan resep Lontong Praktis dengan 5 bahan dan 13 tahapan. Berikut ini bun cara membuatnya, tolong perhatikan ya bun.

ads/responsive.txt

Bahan bahan Lontong Praktis

  1. Dibutuhkan : Bahan utama :.
  2. Persiapkan 500 gram : beras.
  3. Dibutuhkan 10 lembar : daun ukuran besar.
  4. Dibutuhkan 10 lembar : daun ukuran kecil.
  5. Siapkan 20 biji : lidi (saya pk tusuk gigi).

Selain ketupat menu yang sering diaggap sama adalah lontong dan buras. Cara Membuat lontong plastik langkah-langkahnya mudah, praktis dan sederhana, jika telah terbiasa kerja di dapur, tips anti gagal yang penting itu memilih beras yang cocok untuk bikin lontong yang. Ada banyak metode untuk membuat lontong yang padat dan pulen, termasuk tiga cara berikut ini yang paling sering digunakan. Kamu hanya perlu menemukan cara masak yang sesuai dengan bahan dan.

ads/link.txt

Step by Step memasak Lontong Praktis


ads/responsive.txt
  1. Siapkan daun pisang, dengan 2 ukuran, besar dan kecil, usahakan menggunakan daun pisang dari pisang kepok atau pisang batu agar hasil dari lontong berwarna hijau.
  2. Lemaskan daun yang berukuran besar, diatas kompor, agar saat dibuat membungkus dia tidak rawan pecah/sobek.
  3. Susun daun yang ukuran besar yang sudah dilemaskan pada bagian luar dan daun yang ukuran kecil pada bagian dalam.
  4. Cuci beras kemudian rebus dengan air (istilahnya dimasak aron) ukuran air saya menggunakan ukuran ibu jari saya (bila tinggi beras 2 garis telunjuk maka airnya pun sama ukuranya,tergantung beras anda dirumah biasa suka air atau kurang bisa disesuaikan sendiri).
  5. Masak dengan api sedang sampai air menyusut, jangan lupa pada saat air akan menyusut kecil kan api dan aduk terus agar permukaan bawahnya tidak berkerak dan gosong, kemudian angkat dan biarkan sedikit hangat, sementara itu rebus air sekitar 4 liter sampai mendidih dan lanjut langkah selanjutnya.
  6. Siapkan plastik lebar, ambil 2 centong adonan aron nasi tadi, gulung dan tekan-tekan menggunakan plastik sampai berbentuk silinder.
  7. Pindahkan adonan yang sudah berbentuk silinder tadi ke atas daun, gulung dan lipat kedua ujungnya.
  8. Semat menggunakan tusuk gigi atau lidi.
  9. Susun lontong di dalam panci (kebetulan saya menggunakan panci presto).
  10. Tuang lontong yang sudah disusun tadi dengan air yang sudah mendidih sampai terendam semua.
  11. Tutup panci dan masak sampai bunyi mendesis dan kecilkan api pada posisi sangat kecil masak sekitar 1,5 jam sampai 2 jam (bila menggunakan panci biasa tahapan sama, siram lontong dengan air mendidih sampai terendam masak menggunakan api sedang kurang lebih 2 -3 jam tergantung dari banyak nya lontong yang kita buat) jadi perbedaan nya pada api kompor dan jam nya saja.
  12. Setelah 2 jam matikan api dan diamkan kurang lebih 15 menit jangan dibuka terlebih dahulu sebelum uap nya hilang.
  13. Buka katup dan tutup panci, angkat lontong menggunakan penjepit, dan tiriskan sampai dingin baru bisa dipotong dan sajikan, selamat mencoba lontong ini dijamin anti gagal 👍😍🙏.

Lontong jadi teman kari kambing dan sate kambing yang pas. Kalau mau bikin sendiri dan tak mau repot, ikuti cara praktis bikin lontng ini. Lontong isi sayuran ini bisa dijadikan sebagai menu sarapan karena sudah mencakup karbohidrat dan ada Resep Lontong Praktis Sederhana. Resep Lontong Sayur - Kali ini mimin akan membagikan resep makanan yang tidak kalah enaknya yaitu membuat lontong sayur. Selengkapnya dapat di simak di bawah ini.


ads/link.txt