Resep mudah Lontong Daun Simpur (Simpor) Gurih Mantul

Aneka resep terbaru, enak dan Lezat.

Memasak Lontong Daun Simpur (Simpor) mudah, enak, praktis. Oke deh, berikut ulasan cara memasak lontong dengan bungkus daun simpur ala Rika. Simpur, sempur, atau sempu adalah nama umum bagi tetumbuhan anggota marga Dillenia, suku Dilleniaceae. Daun tanaman simpur biasanya digunakan sebagai pembungkus nasi di beberapa daerah di Indonesia.

Lontong Daun Simpur (Simpor) Karena daunnya lebar lebar maka daun ini dimanfaatkan penduduk sebagai bahan pembungkus makanan yang sifatnya basah. Daun ini juga dimanfaatkan untuk membuat lontong karena katanya rasa lontong atau makanan yang dibungkus daun ini lebih enak. Daun simpor ini akhirnya bisa menjadi banyak motif di batik atau kerajinan yang lain. Siang Bunda, sekarang bunda dapat menyajikan resep Lontong Daun Simpur (Simpor) dengan 3 bahan dan 8 tahapan. Di bawah ini bun cara memasaknya, tolong teliti ya bun.

ads/responsive.txt

Bahan bahan Lontong Daun Simpur (Simpor)

  1. Dibutuhkan 1,5 : canting beras.
  2. Dibutuhkan 1 sdt : garam (opsional).
  3. Siapkan 4 lembar : daun simpur.

Sayang seribu sayang , kok bisa terlupakan ya. Biasanya aroma yang dibungkus jenis daun tertentu akan berbeda. Lucunay lontong yang dibungkus daun simpor ini berbentuk kerucut, unik dilihatnya secara di Jawa bentuknya memanjang. Sementara Simpor Laki memiliki daun yang berukuran lebih kecil dan yang sering dimanfaatkan adalah bagian batang kayunya.

ads/link.txt

Proses memasak Lontong Daun Simpur (Simpor)


ads/responsive.txt
  1. Siapkan daun simpur, diamkan selama sehari atau semalam di tempat teduh dan sejuk, jangan dijemur..
  2. Siapkan beras seperti ketika akan menanak nasi. Untuk memberi rasa agar tidak tawar bisa ditambahkan garam. Kemudian tiriskan airnya..
  3. Bentuk daun simpur membentuk kerucut, gunakan potongan lidi atau potongan tusuk gigi sebagai penguncinya..
  4. Isi daun simpur yang telah dibentuk dengan beras sebanyak 2/3 bagian..
  5. Bungkus lontong dengan rapih, gunakan potongan lidi atau potongan tusuk gigi sebagai penguncinya. Periksa dan pastikan tidak ada kebocoran..
  6. Rebus dengan panci presto selama 15-17 menit (waktu dihitung mulai ketika panci presto mengeluarkan bunyi tanda air mendidih). Alternatif jika tidak tersedia panci presto adalah dengan direbus dengan dandang biasa selama sekitar 3-4 jam, seperti merebus ketupat..
  7. Setelah proses merebus selesai, matikan api kompor dan diamkan panci presto tersebut selama sekitar 5-10 menit atau sampai uap panas terbuang. Lalu ketika dirasa aman, buka tutup panci presto (untuk pemakaian panci presto silahkan baca buku petunjuk penggunaan terlebih dahulu). Kemudian angkat dan tiriskan lontong..
  8. Lontong Daun Simpur siap untuk dinikmati..

Oh iya, bunga tanaman Simpur ini di negara Brunei Darussalam dijadikan sebagai Bunga Nasional dari negara tersebut, dan gambar bunga dan daun Simpur (dari jenis Simpur Gajah atau Riverside Simpur) tercetak pada uang kertas. Dasril Iteza - Simpor (Dillenia Suffruticosa) merupakan salah satu tanaman yang konon katanya di Indonesia ini hanya bisa dijumpai di beberapa tempat saja, salah satunya di Pulau Belitung. Tanaman Simpor ini sangat khas karena memiliki daun yang mahalebar. Tampilan Berego jika dilihat sekilas mirip seperti lontong yang disiram kuah sayur. The River Simpur (Dillenia Beccariana) is found printed on the front side of Brunei one-dollar note.


ads/link.txt