Resep mudah Kupat Tahu Enak Sederhana

Aneka resep terbaru, enak dan Lezat.

Resep Kupat Tahu mudah, gurih, praktis. Kupat Tahu Mangunreja adalah makanan khas Mangunreja, Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Bagas Aji menyanyikan lagu Kupat Tahu Mangunreja dengan. Resep Membuat Kupat Tahu Magelang - Kupat tahu adalah salah satu kuliner yang sangat akrab bagi masyarakat Indonesia.

Kupat Tahu Emang apa sih perbedaan dua kuliner yang bahan baku utamanya dari kedelai ini? Kupat tahu atau tahu kupat merupakan makanan khas jawa tengah yang cukup terkenal. Di daerah banyumas, tegal dan sekitarnya Tahu kupat dikenal dengan istilah Tahu Gecot ( tahu dan toge ). Siang Bunda, sekarang bunda dapat menyajikan resep Kupat Tahu dengan 19 bahan dan 8 tahapan. Berikut ini bun cara membuatnya, tolong simak ya bun.

ads/responsive.txt

Bahan bahan Kupat Tahu

  1. Dibutuhkan : Lontong :.
  2. Menyiapkan 3 cangkir : (cangkir beras) beras pulen.
  3. Persiapkan : daun pisang secukupnya (me : 1 ikat beli di abang sayur).
  4. Persiapkan : Kuah :.
  5. Menyiapkan 100 gr : kacang tanah, goreng, haluskan.
  6. Persiapkan 10 siung : bawang merah, iris.
  7. Dibutuhkan 5 siung : bawang putih, iris.
  8. Siapkan 1 sdm : cabe giling.
  9. Menyiapkan 1 bks kecil : santan kara.
  10. Siapkan 750 ml : air.
  11. Dibutuhkan 1 sdm : gula merah.
  12. Dibutuhkan 1 sdm : garam.
  13. Persiapkan secukupnya : kecap manis.
  14. Menyiapkan : Pelengkap :.
  15. Menyiapkan : toge, rebus sebentar aja.
  16. Dibutuhkan : so'un, rebus sampai matang (boleh skip).
  17. Persiapkan : bawang goreng.
  18. Dibutuhkan secukupnya : tahu Bandung goreng.
  19. Menyiapkan : kerupuk bawang.

Kupat tahu (Aksara Sunda Baku: ᮊᮥᮕᮒ᮪ ᮒᮠᮥ) (Singaparna), (Hanacaraka:ꦏꦸꦥꦠ꧀ ꦠꦲꦸ) (Surakarta dan Magelang)) adalah makanan tradisional Indonesia yang berbahan dasar ketupat, tahu yang telah digoreng, dan juga bumbu kacang. Lontong dapat juga digunakan sebagai pengganti ketupat. Kupat Tahu adalah makanan tradisional Indonesia, berisi ketupat dan tahu goreng yang disiram dengan bumbu kacang. Sering dijadikan menu sarapan di Indonesia.

ads/link.txt

Tahapan memasak Kupat Tahu


ads/responsive.txt
  1. Lontong : Cuci beras, kemudian taruh di panci & tambahkan air sampai 2 buku jari tengah, aron sampai airnya agak kering. Matikan api dan tutup, sisihkan..
  2. Siapkan daun pisang, sobek2 lebar kemudian dilap dan dipanaskan secara merata diatas kompor satu per satu secara merata (sebentar aja) hingga daunnya lemes..
  3. Siapkan panci presto, isi dengan air hingga setengah panci, tambahkan 1sdm garam, didihkan (jgn ditutup pake tutupnya ya, ntar lama bukanya)..
  4. Taruh nasi aron diatas daun (me: 2 sdm munjung) kemudian bungkus (gulung, padatkan) & semat ujungnya dengan tusuk gigi. Lakukan sampai habis..
  5. Masukkan lontong ke dalam panci presto, tambahkan air bila perlu, sampai lontong terendam. Presto selama 1 jam (terhitung dari prestonya bunyi). Angkat dan tiriskan (berdirikan, agar airnya turun). Biarkan hingga dingin (suhu ruang)..
  6. Kuah : tumis bawang merah, bawang putih hingga harum, tambahkan cabe giling, tumis hingga matang. Masukkan air, kacang tanah, gula merah, garam dan kecap manis. Masak hingga mendidih, koreksi rasa..
  7. Tata di piring : lontong yg sudah dipotong2, so'un, toge, tahu yg sudah dipotong2, kemudian siram dengan kuahnya. Taburi bawang goreng dan kerupuk..
  8. Selamat mencoba....

CARA PENYAJIAN KUPAT TAHU : Tata potongan ketupat, potongan tahu, dan toge/taoge. Siram atasnya dengan saus kacang dan kecap manis. Taburi bawang goreng dan sajikan dengan kerupuk. Sajikan kupat tahu Bandung sebagai kreasi istimewa untuk akhir pekan ini. Menikmati kupat tahu kini tak perlu jauh-jauh ke Kota Kembang.


ads/link.txt