Gampangnya Menyajikan Kupat Tahu Bandung Mantul Banget

Aneka resep terbaru, enak dan Lezat.

Resep Kupat Tahu Bandung mudah, yummy, praktis. Kupat Tahu Gempol is located near Jl H. We never missed this place whenever wr go to Bandung and recently went there again. Di Bandung ada tempat yang menjual tahu petis yang sudah sangat legendaris yaitu kupat tahu dan sayur Pak Haji.

Kupat Tahu Bandung Kali ini saya memilih sajian Kupat Tahu Bandung. Meski ada beberapa variasi bumbu untuk Kupat Tahu Bandung, menurut saya sebagai pencinta Karedok, Kupat Tahu terasa sedap jika bau kencurnya terasa. Bahan utama kupat tahu ialah tahu, yang dicampur dengan ketupat (kupat), berbagai macam sayuran, yang disiram dengan bumbu kacang. Hai Bunda, saat ini bunda dapat menyajikan resep Kupat Tahu Bandung dengan 22 bahan dan 6 tahapan. Di bawah ini bun cara menyiapkannya, tolong simak baik-baik.

ads/responsive.txt

Bahan bahan Kupat Tahu Bandung

  1. Menyiapkan : Bahan ketupat/ lontong :.
  2. Siapkan 2,5 cup : (cup ukuran magicom yang ukuran kecil).
  3. Persiapkan 6 buah : kulit ketupat.
  4. Persiapkan : Bahan pelengkap :.
  5. Menyiapkan Secukupnya : tahu kuning.
  6. Menyiapkan Secukupnya : toge.
  7. Persiapkan Secukupnya : bawang goreng.
  8. Dibutuhkan Secukupnya : kerupuk.
  9. Dibutuhkan Secukupnya : kecap manis.
  10. Siapkan : Bumbu kacang :.
  11. Persiapkan 125 gr : kacang tanah goreng.
  12. Persiapkan 1 buah : kentang (saya tidak pakai).
  13. Persiapkan 3 buah : cabe merah keriting.
  14. Siapkan 5 buah : cabe rawit merah.
  15. Persiapkan 2 siung : bawang putih.
  16. Menyiapkan 4 siung : bawang merah.
  17. Persiapkan 2 lembar : daun jeruk (saya tidak pakai).
  18. Persiapkan Secukupnya : air.
  19. Dibutuhkan Secukupnya : air asam jawa.
  20. Dibutuhkan 1/2 bungkus : kara uk 65ml.
  21. Menyiapkan Secukupnya : garam.
  22. Persiapkan Secukupnya : gula merah.

Makanan yang merupakan khas masakan Indonesia ini, terdapat berbagai jenis, mulai dari kupat tahu Bandung, kupat tahu Magelang, kupat tahu Solo, kupat tahu Singaparna, dan yang lainnya. Kupat tahu di Bandung adalah kudapan yang terbuat dari kupat (ketupat, tapi kebanyakan menggunakan lontong, sih), tahu goreng, tauge rebus/kukus, saus kacang encer (kadang ditambah petis) dan diberi sambal juga kerupuk. Kupat tahu khas Bandung, sebenarnya saya lebih suka ketupat yang berkuah, kalau berbumbu kacang tanah ini kesukaan suami saya banget. Bandung memang sudah sangat dikenal memiliki aneka ragam kuliner tradisional yang enak dan menarik.

ads/link.txt

Proses memasak Kupat Tahu Bandung


ads/responsive.txt
  1. Siapkan kulit ketupat, cuci beras, lalu isi kulit ketupat dengn beras sebanyak setengahnya dari kulit ketupat..
  2. Lalu masukkan kulit ketupat yang sudah diisu beras kedalam panci presto, kemudian masak 45 menit, setelah presto berdesis, angkat diamkan hingga desisnya hilang, lalu buka tutup panci presto, keluarkan ketupat lalu tiriskan / digantung..
  3. Panaskan air secukupnya hingga mendidih dan goreng tahu kuning hingga kecoklatan, untuk bumbu kacang yang akan dihaluskan seperti bawang merah, bawang putih, cabe merah keriting dan cabe rawit digoreng dahulu hingga layu, kemudian haluskan..
  4. Lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan, lalu masukkan kacang tanah yang sudah diblender dengan dicampur air secukupnya, tambahkan gula merah, garam air asam jawa dan santan kara..
  5. Aduk rata, masak hingga bumbu kacang mengental dan mengeluarkan minyak. Penyajian, siapkan piring taruh potongan lontong/ketupat, toge, potongan tahu goreng..
  6. Lalu siram bumbu kacang, beri kecap manis, taburi bawang goreng dan kerupuk..

Bagi yang suka jalan-jalan ke Bandung, pasti sudah sering dengar yang namanya Ketupat Tahu Bandung. Makanan ini seringkali dijual di pagi hari. Di pinggir jalanan Kota Bandung pasti anda akan menemukan makanan tradisional yang satu ini. Ketupat (in Indonesian and Malay), kupat (in Javanese and Sundanese) or tipat (in Balinese) is a type of dumpling made from rice packed inside a diamond-shaped container of woven palm leaf pouch, originating in Indonesia. It is commonly found in Indonesia, Brunei, Malaysia, and Singapore.


ads/link.txt