Resep mudah Rujak Cingur Paling Enak

Aneka resep terbaru, enak dan Lezat.

Resep Rujak Cingur mudah, gurih, praktis. Rujak cingur adalah salah satu makanan tradisional yang mudah ditemukan di daerah Jawa Timur, terutama daerah asalnya Surabaya. Dalam bahasa Jawa kata cingur berarti "mulut", hal ini merujuk pada bahan irisan mulut atau moncong sapi yang direbus dan dicampurkan ke dalam hidangan. Kalau ditanya apa makanan khas kota Surabaya, pasti yang disebutkan pertama kali adalah. "Rujak Cingur" !!!

Rujak Cingur Makanan tradisional Jawa Timur terdiri dari petis, sayur mayur, cingur (nyam-nyam), lontong, buah, lombok dan pelengkap kerupuk. Rujak cingur adalah makanan khas Jawa Timur, terutama di Surabaya. Rujak cingur punya rasa yang sangat beragam. Siang Bunda, sekarang bunda bisa menyajikan resep Rujak Cingur dengan 28 bahan dan 7 tahapan. Berikut ini bun cara memasaknya, tolong perhatikan ya bun.

ads/responsive.txt

Bahan bahan Rujak Cingur

  1. Dibutuhkan : Bahan Utama :.
  2. Dibutuhkan 100 gram : Cingur atau Kikil Sapi.
  3. Menyiapkan 1 : tahu putih.
  4. Persiapkan 1/2 papan : tempe.
  5. Menyiapkan 2 buah : lontong siap konsumsi.
  6. Dibutuhkan : Bahan Sayur :.
  7. Siapkan 50 gram : tauge.
  8. Siapkan 1 ikat : kangkung.
  9. Persiapkan 1 ikat : kacang panjang.
  10. Siapkan : Bahan Buah :.
  11. Menyiapkan 1/4 buah : nanas.
  12. Dibutuhkan 1/2 buah : timun.
  13. Menyiapkan 1/2 buah : mangga muda.
  14. Dibutuhkan 1/2 buah : bengkoang.
  15. Siapkan 1/2 buah : belimbing.
  16. Menyiapkan : Bahan Bumbu :.
  17. Persiapkan 3 sdm : kacang tanah goreng.
  18. Persiapkan 1/2 buah : pisang klutuk /pisang batu yg masih muda/mentah.
  19. Persiapkan 5 buah : cabe rawit merah.
  20. Persiapkan 2 sdm : air asam.
  21. Dibutuhkan 1 sdm : bawang putih goreng yg sudah diiris tipis.
  22. Menyiapkan 1 sdt : terasi.
  23. Siapkan 3 sdm : petis biasa.
  24. Dibutuhkan 1 sdm : spesial.
  25. Menyiapkan 25 gram : gula merah.
  26. Siapkan 1 sdt : gula pasir.
  27. Dibutuhkan 1/2 sdt : garam.
  28. Persiapkan 1/2 gelas : air matang.

Mulai dari gurih, pedas hingga manis bercampur jadi satu di mulut. Rujak cingur adalah salah satu makanan khas dari jawa timur. Rujak cingur bisa anda dapatkan banyak di kota Surabaya. Rujak cingur sendiri campuran dari buah-buahan, sayuran, cingur sapi.

ads/link.txt

Tahapan memasak Rujak Cingur


ads/responsive.txt
  1. Rebus Cingur atau kikil tambahkan 1 jempol jahe geprek,1 jempol kunyit geprek, 1 buah sere geprek, 2 lembar daun jeruk, dengan panci presto atau panci biasa sampai empuk.
  2. Angkat cingur potong sesuai selera, tambahkan garam dan goreng dgn sedikit minyak saja, aduk2 sekitar 5 menit saja angkat dan sisihkan.
  3. Bersihkan sayuran potong dan rebus lalu tiriskan.
  4. Bersihkan buah dan cuci bersih, potong sesuai selera.
  5. Siapkan bumbu, haluskan atau uleg terlebih dahulu cabe, kacang, pisang klutuk, bawang goreng, garam, gula pasir beri sedikit air bila agak susah, kemudian tambahkan gula merah, air asam, air matang lagi baru tambahkan petis aduk terus sampai rata dan tes rasa (untuk petis bila kita membeli dipasar traditional kita akan menjumpai 2 macam petis yg enak/specil dan yg biasa, nah untuk rujak cingur yang enak harus menggunakan kombinasi 2 petis ini).
  6. Kemudian tambahan irisan tempe, cingur, tahu, lontong dan buah kemudian campur rata bersama bumbu.
  7. Siapkan 2 piring kosong, tambahkan sayur diatasnya kemudian pindahkan rujak diatas sayur tadi, sajikan bersama kerupuk, selamat mencoba👍😍.

Rujak cingur merupakan rujak berisi potongan hidung sapi yang direbus hingga empuk dan dipadukan bersama bahan lainnya. Tak seperti rujak sayur atau rujak buah kebanyakan, rujak cingur cocok. Rujak Cingur.rujak khas Surabaya Jawa Timur ini sangat unik dan segar rasanya. Warung Rujak Cingur Pak Tono atau lebih sering dikenal Rujak Cingur Tukangan Lempuyangan saat ini pindah alamat di Rusunawa Jagalan Yogyakarta. Dahulu warung ini menempati area trotoar di Jl.


ads/link.txt