Resep mudah Ampal Nyiur Iwak Tenggiri khas Banjar (Perkedel Ikan) #Dandelion Nikmat Lezat

Aneka resep terbaru, enak dan Lezat.

Memasak Ampal Nyiur Iwak Tenggiri khas Banjar (Perkedel Ikan) #Dandelion mudah, cepat, praktis. Orang Banjar biasanya menyantap iwak karing sapat sebagai lauk untuk nasi panas bersama cocolan sambal. Kamu bisa mendapatkan iwak karing Salah satu makanan khas Banjarmasin berbahan dasar ikan yang tak kalah populer dengan ikan seluang goreng atau iwak karing sapat adalah ikan. Iwak Karing Batanak Khas Banjar Kalimantan Selatan

Ampal Nyiur Iwak Tenggiri khas Banjar (Perkedel Ikan) #Dandelion Cara ini bertujuan agar ikan tenggiri lebih mudah mencari makan dan terhindar dari predator. Ikan tenggiri memang merupakan suatu makanan yang sangat favorit untuk dimakan, ikan jenis ini memang merupakan ikan yang tergolong banyak sekali di laut dan juga banyak sekali dikonsumsi oleh orang. Demikian informasi Resep Sate Ikan Tenggiri Khas Palembang, semoga berguna bagi anda pembaca web Aneka Resep Perkedel - Perkedel merupakan makanan pendamping yang terkenal di seluruh indonesia. Siang Bunda, sekarang bunda bisa membuat resep Ampal Nyiur Iwak Tenggiri khas Banjar (Perkedel Ikan) #Dandelion dengan 12 bahan dan 12 tahapan. Berikut ini bun cara memasaknya, tolong perhatikan baik-baik.

ads/responsive.txt

Bahan bahan Ampal Nyiur Iwak Tenggiri khas Banjar (Perkedel Ikan) #Dandelion

  1. Menyiapkan 300 gram : daging ikan tenggiri giling.
  2. Siapkan 1 butir : kelapa parut.
  3. Siapkan secukupnya : garam dan gula.
  4. Dibutuhkan 1/2 sdt : merica bubuk.
  5. Siapkan secukupnya : minyak goreng.
  6. Menyiapkan : bumbu halus:.
  7. Siapkan 5 siung : bawang merah.
  8. Dibutuhkan 5 siung : bawang putih.
  9. Dibutuhkan 1 ruas : kunyit.
  10. Dibutuhkan 1 ruas : kencur.
  11. Menyiapkan 1 sdm : makan ketumbar bubuk.
  12. Dibutuhkan 1 sdm : gula merah.

Makanan khas Banjarmasin Kalimantan Selatan yang satu ini merupakan cemilan khas suku Banjar. Rasanya manis dan teksturnya lembut meskipun sedikit berlemak. Cara pembuatan iwak pakasam atau dikenal juga dengan iwak basamu ini hampir mirip dengan manday, hanya saja iwak pakasam. Ampal Udang Banyiur adalah kudapan khas Kalimantan Selatan yang berbahan dasar udang dan kelapa setengah muda yang diparut halus.

ads/link.txt

Step by Step memasak Ampal Nyiur Iwak Tenggiri khas Banjar (Perkedel Ikan) #Dandelion


ads/responsive.txt
  1. Siapkan bahan ikan, saya beli yang sudah di giling. Jika tidak ada, ikan tenggiri di kerok tipis tipis dan ambil bagian dagingnya saja dan giling menggunakan chooper, boleh juga dagingnya di ulek agar lembut.
  2. Kelapa parutnya sebaiknya yang agak muda dan sebelum di parut bersihkan dulu kulit yang berwarna coklat agar nanti hasil ampal ikannya cantik. Ini tadi kelapa parutnya beli di bibi sayur yang sudah di bungkus per satu butir kelapa.
  3. Haluskan semua bumbu, beri sedikit garam dan gula dulu. kecuali gula merah, nanti terakhir.
  4. Setelah bumbu mulai halus masukan gula merah lalu haluskan kembali..
  5. Campurkan dalam wadah, kelapa parut, ikan tenggiri dan bumbu halus.
  6. Aduk rata dan koreksi rasanya.
  7. Tambahkan merica, garam dan gula jika rasanya ada yang kurang. Rasanya sesuaikan dengan selera, anak dan suami saya suka jika rasanya agak manis..
  8. Aduk rata kembali dan cicipi rasanya. Jika sudah pas maka adonan sudah bisa dibentuk.
  9. Ambil sedikit adonan lalu bentuk menyerupai bola lalu pipihkan menggunakan telapak tangan, lakukan sampai semua adonannya habis..
  10. Panaskan minyak secukupnya dengan api kecil, setelah minyak panas masukan satu persatu adonan ampal ikannya. Bolak balik ampal dan setelah mulai berwarna kecoklatan angkat lalu tiriskan.
  11. Ini ampal yang sudah masak dan ditiriskan tadi.
  12. Enak disantap sebagai lauk makan dan bagus untuk anak anak..

Bentuknya seperti perkedel yang sudah umum kita kenal. Sehingga ampal udang ini banyak juga yang menyebutnya perkedel udang khas Banjar. Tenggiri adalah nama umum bagi sekelompok ikan yang tergolong ke dalam marga Scomberomorus, suku Scombridae. Ikan ini merupakan kerabat dekat tuna, tongkol, madidihang, makerel dan kembung. Tenggiri banyak disukai orang, diperdagangkan dalam bentuk segar, ikan kering.


ads/link.txt