Cara Membuat Tongkol Masak Sarden Pedas #BikinRamadanBerkesan #Day_15 Paling Enak

Aneka resep terbaru, enak dan Lezat.

Memasak Tongkol Masak Sarden Pedas #BikinRamadanBerkesan #Day_15 mudah, gurih, praktis. Bahan ● Ikan Tongkol ● Air ● Merica Bubuk ● Tomat ● Daun Pre ● Daun Salam ● Cabai Rawit ● Cabai Merah Besar ● Bawang Merah ● Bawang Putih ● Jahe ● Gula. Ikan tongkol adalah ikan yang memiliki rasa daging yang sangat gurih dan enak,dalam pengolahan ikan tongkol terdapat berbagai cara,salah satunya adalah dimasak sarden pedas,dalam video kali ini saya akan menampilkan bagaimana cara memasak sarden tongkol.. Tongkol Pedas Manis Enak Pindang Tongkol memiliki rasa yang sangat enak, apalagi jika dimasak bumbu sarden, heem… dijamin menggugah selera.

Tongkol Masak Sarden Pedas #BikinRamadanBerkesan #Day_15 Cara Memasak Resep Sarden Ikan Tongkol, Ikan Pindang, Ikan Salem Yang Mudah, Praktis dan Lezat. Tidak butuh banyak tambahan bumbu sarden (walaupun tetap harus memakai bumbu tambahan supaya hasilnya enak dan lebih lezat) sudah bisa kita masak, tetapi kalau dibandingkan. Masak pedas manis, adalah metode umum yang digunakan untuk pindang. Pagi Bunda, saat ini bunda dapat menyiapkan resep Tongkol Masak Sarden Pedas #BikinRamadanBerkesan #Day_15 dengan 22 bahan dan 8 tahapan. Berikut ini bun cara membuatnya, tolong teliti baik-baik.

ads/responsive.txt

Bahan bahan Tongkol Masak Sarden Pedas #BikinRamadanBerkesan #Day_15

  1. Dibutuhkan 1 kg : tongkol (sekitar 4-5 ekor).
  2. Dibutuhkan 5 siung : bawang merah, iris2.
  3. Dibutuhkan 10 buah : cabai merah keriting, iris serong.
  4. Dibutuhkan 6 buah : cabai rawit merah, iris serong.
  5. Persiapkan 2 buah : jeruk nipis.
  6. Persiapkan 3 sdm : margarin untuk menumis.
  7. Dibutuhkan 1 sdm : tepung maizena, larutkan dgn 2 sdm air putih.
  8. Persiapkan 1 batang : serai, geprek, simpulkan.
  9. Dibutuhkan 3 lbr : daun salam.
  10. Persiapkan 3 cm : lengkuas, geprek.
  11. Dibutuhkan 2 batang : daun bawang, iris2.
  12. Dibutuhkan 3 batang : daun seledri, iris2.
  13. Siapkan Secukupnya : gula dan garam.
  14. Siapkan : Bumbu yg dihaluskan:.
  15. Dibutuhkan 1/2 kg : tomat merah.
  16. Siapkan 10 siung : bawang merah.
  17. Siapkan 4 siung : bawang putih.
  18. Persiapkan 3 butir : kemiri, sangrai.
  19. Dibutuhkan 5 cm : jahe.
  20. Siapkan 1 sdt : merica.
  21. Menyiapkan 1 ons : cabai merah keriting, boleh ditambah jk suka lbh pedas.
  22. Siapkan 300 ml : air.

Boleh juga pindang tongkol, atau salem. Sajian ikan tongkol goreng sambal balado adalah salah satu menu hidangan utama yang enak dan sedap. Istri yang hobi makan dan anak dari ibu yang jago masak sampe punya usaha katering kecil-kecilan dengan segala keterbatasannya akhirnya mulai bisa masak dan seneng eksperimen di dapur. Tercari-cari idea nak masak, tup terkeluar idea idea ISTERI nak masak sambal sardin pedas.

ads/link.txt

Step by Step memasak Tongkol Masak Sarden Pedas #BikinRamadanBerkesan #Day_15


ads/responsive.txt
  1. Bersihkan isi perut ikan. Potong masing2 menjadi 3 bagian. Cuci bersih. Tiriskan..
  2. Ambil 1 buah jeruk nipis. Belah2 lalu peras airnya. Kemudian lumuri ikan dgn air perasan jeruk nipis. Diamkan sekitar 15 menit..
  3. Blender semua bumbu hingga halus..
  4. Panaskan margarin di wajan. Tambahkan semua bumbu halus. Masukkan serai, daun salam dan lengkuas. Masak hingga mendidih..
  5. Setelah mendidih, masukkan ikan. Masak hingga ikan hingga matang. Aduk perlahan2 agar ikan tidak hancur..
  6. Setelah ikan matang, masukkan larutan maizena. Aduk sebentar..
  7. Tambahkan gula dan garam secukupnya..
  8. Masukkan irisan bawang merah dan cabai merah serta rawit. Kemudian ambil 1 buah jeruk nipis yg tersisa di resep. Belah2 lalu peraskan airnya ke dalam wajan yg berisi masakan ikan. Aduk rata. Kemudian matikan api dan tambahkan lg irisan daun bawang dan daun seledri. Aduk rata kembali. Masakan siap dihidangkan..

Sardin ni lain dari yang biasa. Tongkol Kuah Pedas, masakan khas dari propinsi Riau Daratan. Penduduk Riau sepertinya suka masakan dari ikan dan memiliki beberapa sajian dari laut yang lezat sekaligus pedas !!! Ciri khas masakan Sumatra umumnya, banyak pemakaian cabai dan jarang mengenal gula dalam racikan. Ikan tongkol adalah salah satu ikan yang sering diolah untuk jadikan masakan, perlu anda ketahui juga olahan ikan tongkol itu bisa Nah resep inilah yang akan kita bahas hari ini.


ads/link.txt