Resep mudah Semur Daging Betawi Lezat Mantap

Aneka resep terbaru, enak dan Lezat.

Memasak Semur Daging Betawi mudah, gurih, praktis. Resep Semur Daging Betawi Spesial Enak Bahan bahan dan Bumbu Resep Semur Daging Betawi Sapi Enak. Gunakan daging sapi yang kandungan lemaknya sedikit atau lebih baik memakai has dalam yang banyak dagingnya. Selain resep semur jengkol, Betawi juga punya bumbu semur spesial yang legit dan lezat.

Semur Daging Betawi Beragam protein bisa menjadi bintang utama dalam olahan semur. Kali ini adalah semur daging Betawi yang berkuah pekat namun terasa ringan di mulut. Beef stew ala Indonesia ini merupakan modifikasi dari beef smoor yang dibawa Belanda ke nusantara. Hai Bunda, sekarang bunda dapat menyiapkan resep Semur Daging Betawi dengan 24 bahan dan 8 tahapan. Di bawah ini bun cara menyiapkannya, tolong amati baik-baik.

ads/responsive.txt

Bahan bahan Semur Daging Betawi

  1. Persiapkan 1 kg : Daging sapi khas dalam.
  2. Persiapkan 1/2 kg : Kentang.
  3. Persiapkan : Lengkuas 1 ruas besar geprek.
  4. Dibutuhkan : Sereh 1 bh geprek.
  5. Siapkan 3 lmbr : Daun salam.
  6. Siapkan 1 jari : Kayu manis.
  7. Menyiapkan Biji : pala 1 btr.
  8. Siapkan 5 btr : Cengkeh kering.
  9. Siapkan : Santan kental 3 1/4 btr kelapa peras atau 3/4 santan kara.
  10. Persiapkan : Kecap bango.
  11. Dibutuhkan : Garam.
  12. Siapkan : Gula pasir 1 sdt pengganti sasa.
  13. Dibutuhkan : Kaldu jamur.
  14. Dibutuhkan : Minyak.
  15. Dibutuhkan : Air.
  16. Dibutuhkan : Bawang goreng.
  17. Menyiapkan : Bumbu halus.
  18. Persiapkan 5 bh : Bawang putih.
  19. Dibutuhkan 5 bh : Bawang merah.
  20. Dibutuhkan 1 sdt : Lada.
  21. Menyiapkan 1 sdt : Ketumbar.
  22. Siapkan 3 bh : Kemiri.
  23. Dibutuhkan 1 ruas : Jahe.
  24. Persiapkan 1 sdt : Jinten.

Di Indonesia diolah dengan kecap dan menggunakan kuah yang lebih encer. Ada pula yang menggunakan kuah kental dan ditambahkan telur, soun, atau tahu. Resep Membuat Semur Daging Khas Betawi - Membuat makanan yang segar dan fresh adalah hal yang perlu diperhatikan untuk ibu dirumah. Karena denga adnya makanan yang segar ini pun factor kesehatan keluarga untuk konsumsi masakan sehat dapat terpenuhi.

ads/link.txt

Step by Step memasak Semur Daging Betawi


ads/responsive.txt
  1. Haluskan semua bumbu halus. Kemudian tumis dengan minyak panas, masukan juga daun salam, cengkeh, sereh, biji pala, kayu manis dan lengkuas. Pastikan minyak banyak agar tidak cepat kering..
  2. Masukan daging yang sudah dipotong-potong. Tumis daging hingga harum merekah dan bumbu masuk kedalam daging. (saya tumis agak lama 15 menitan dgn api kecil ya).
  3. Masukan kecap bango aduk-aduk lagi hingga harum. (usahakan bango ya karna ini bikin masakan kaya rasa).
  4. Masukan santan aduk-aduk hingga harum. (jangan ditinggal ya aduk terus). Masukan air sedikit. Beri garam dan gula. Biasanya saya suka tambahkan kecap lagi sedikit. Koreksi rasa..
  5. Masukan kentang aduk lagi hingga kentang empuk..
  6. Cek daging apa sudah empuk. Jika belum aduk lagi sesekali hingga empuk. (saya rebus 30 menit-1 jam dengan api kecil).
  7. Taburkan bawang goreng dan matikan api.
  8. Semur Daging Betawi siap santap. Hati-hati nambah🤭.

Semur is an Indonesian type of meat stew (mainly beef), that is braised in thick brown gravy commonly found in Indonesian cuisine. The main ingredient used in semur gravy is sweet soy sauce, shallots, onions, garlic, ginger, candlenut, nutmeg and cloves, sometimes pepper, coriander, cumin and cinnamon might be added. Sweet soy sauce is the most important ingredient in the Semur-making process. Masakan semur daging kentang betawi memang terkenal sejak dulu. Resep semur daging sapi betawi ini merupakan resep turun temurun yang mempunyai cita rasa enak dan gurih.


ads/link.txt